Kota, KORSUM.NET - Sumedang– Kodim 0610/Sumedang menyelenggarakan kegiatan karya bakti TNI di komplek Masjid Besar tegal kalong Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia Ke-74Tahun 2019 Kamis (03/09/2019).

Masjid Besar Tegal kalong merupakan masjid pertama yang dibangun di kelurahan talun, Masjid ini dibangun sekitar tahun 660 masehi menggunakan dana masyarakat dan bantuan pemerintah di masa itu. Meski kini telah berdiri beberapa masjid baru di kelurahan talun, Masjid besar tegal kalong mempunyai cerita tersendiri di kalangan masyarakat yang menjadi jamaahnya.

“Masjid dibangun sekitar tahun 660 masehi sebelumnya masih mushola kecil,” ungkap bapak entang sekretaris DKM.

Pada karya bakti tersebut dilaksanakan pembersihan saluran pembuangan air, pembersihan lingkungan di sekitar komplek masjid dan didalam mesjid.

Menurut Pasi teritorial kodim 0610/Sumedang kapten inf lesly darmawan, kegiatan karya bakti TNI ini sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat. “Kegiatan pagi ini mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat. Masyarakat, TNIdan Polri bersama-sama melaksanakan gotong royong membersihkan daerah sekitar komplek Masjid Besar tegal kalong, Sinergitas seperti ini penting demi kelancaran pelaksanaan tugas pembangunan di daerah,” katanya.

“Alhamdulillah, acara karya bakti TNI memperingati HUT TNI tahun 2019 di Masjid Besar tegal kalong ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah daerah setempat,” sambung pasi teritorial.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan karya bakti pagi hari ini, masyarakat dapat merasakan secara langsung manfaat hadirnya para prajurit di tengah masyarakat. **

Sumber : Pendim