Kota, KORSUM.NET - H. Deden Yayan R, anggota DPRD Kabupaten Sumedang secepatnya akan membentuk relawan peduli sungai dan lingkungan hidup. Pasalnya banyak sekali manfaat dari sungai jika di pelihara dengan baik dan benar. Sebab sungai berhubungan dengan air artinya sumber kehidupan bagi makhluk hidup.

"Manfaat sungai bagi kehidupan sehari-hari makhluk hidup. Air merupakan sumber utama kehidupan manusia dan makhluk lainya. Komposisinya yang cukup besar, selaras dengan penggunaan dan pemanfaatan air sendiri. Bakhan satu pertiga belahan bumi adalah air. Salah satu jalan atau sarana yang menghubungkan antar saluran untuk berjalan pada suatu muara." jelas H. Deden Yayan R Jumat (11/10) ditempat aktivitasnya.

Dikatakan, sungai sangat dibutuhkan untuk melengkapi kekurangan makhluk hidup. Tak ada makhluk yang sanggup hidup tanpa air dan tak mungkin air ada jika tak ada saluran untuk menampung untuk itulah fungsi sungai.

"Sebagai penampung yang mewadahi kebutuhan. Manfaat sungai sangat besar perannya dalam menunjang kehidupan manusia bahkan untuk industri." Jelasnya

Lebih jauh ia mengatakan, di bentuknya relawan berawal dari kepedulian dengan melihat fonemana alam akhir-akhir ini, krisis air bersih diwaktu kemarau dan fonema banjir di musim penghujan yang biasa terjadi merupakan hal yang dinggap lumrah oleh sebagian orang.

"Saya melihat di musim penghujan di sebagian daerah sering banjir di musim kemarau kekeringan bahkan terkadang krisis air bersih sementara potensi sumber air dari sungai masih sangat banyak. Dan saya meminta pemerintah bersedia membantu dan mudah-mudah merespon program ini," tururnya**