Kota, KORSUM.NET - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, resmi menetapkan jadwal Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang III yang diikuti 88 Desa, yang akan dilaksanakan pada 8 April 2020.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada DPMD Kabupaten Sumedang, H Nuryadin mengatakan, saat tahapan Pilkades Serentak Gelombang III sudah dimulai, dan untuk pembentukan panitia pemilihan diawal November ini sudah harus terbentuk.

"Saat ini kita masih melakukan sosialisasi ke Kepala Desa dan BPD yang akan melaksanakan Pilkades Serentak. Karena yang membentuk panitia pemilihan yaitu BPD, dan diharapkan diawal November ini, BPD sudah membentuk panitia sesuai dengan aturan," ujarnya saat dikonfirmasi KORSUM.NET di ruang kerjanya, Kamis (10/10).

Adapun untuk pelaksanaan hari H Pilkades Serentak Gelombang III, sambung Nuryadin, sudah pix dan sudah keluar SK Bupati Sumedang yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 April 2020.

"Nanti ada 88 Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang," tegasnya.

Sementara untuk anggaran yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Pilkades serentak gelombang III ini, sambungnya lagi, sesuai dari pengajuan atau proposal kebutuhan anggaran dari setiap desa. Untuk 88 Desa tersebut membutuhkan anggaran mencapai Rp. 5,6 Miliar. Dan untuk tahapan persiapan pilkades saat ini sudah dianggarkan di APBD Perubahan senilai Rp. 1,5 Miliar.

"Untuk tahapan persiapan sendiri, hingga terbentuknya panitia pemilihan, setiap desa membutuhkan anggaran mencapai 17 juta, dan saat ini sudah didistribusikan ke desa dalam bentuk Bantuan Keuangan Desa. Kebutuhan sisanya, kita akan menganggarkan 4,1 Miliar di APBD murni 2020. Mudah mudahan jumlahnya tidak berkurang, sehingga tidak mengganggu pelaksanaan Pilkades Serentak," tuturnya. **