Kota, KORSUM.NET - Penyusunan Rencana Detail Tata ruang (RDTR) Kecamatan Tomo disosialisasikan dengan peningkatan pusat kegiatan perkotaan BUTOM GEDE. Kecamatan Tomo harus siap dengan segala fasilitas sarana dan prasarana penunjangnya kawasan perkotaan dengan adanya Permen ATR/BPN No.16/2018 tentang pedoman penyusunan RDTR&PZ Kabupaten/Kota.

"RDTR dan kegiatannya di dasari dengan UU No 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. UU No.15 tahun 2010 tentang penyelenggaraan Tata Ruang, serta Perda No.4 tahun 2018 tentang Revisi RTRW Kabupaten Sumedang tahun 2018-2038," jelas Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas PU PR Kabupaten Sumedang Sony Nurgahara saat menyampaikan Penyusunan RDTR Kecamatan Tomo di Aula, Kamis (17/10).

Dikatakan Sony, tujuan dalam penyusunan RDTR Kecamatan Tomo tersebut sebagai arah perwujudan ruang, sebagai dasar untuk memformulasikan kebijakan dan strategis operasional penataan ruang, dan sebagai dasar penetapan ketentuan pengendalian pemanfaatan ruang untuk penyusunan program pembangunan .

"Jelas Didalam penyusunan RDTR Kecamatan Tomo sasarannya menciptakan, keserasian, keseimbangan antar lingkungan permukiman, mewujudkan keterpaduan program pembangunan antar kawasan maupun dalam kawasan yang akan terkendalinya pembangunan, baik yang dilakukan pemerintah maupun masyarakat, agar bisa mendorong investasi masyarakat di dalam kawasan," katanya.

lingkup wilayah kegiatan RDTR, kata Sony, di Kecamatan Tomo berada pada wilayah admistrasi kecamatan yang secara fungsional memiliki pengembangan perkotaan yang sesuai dengan hasil revisi RTRW Kabupaten Sumedang tahun 2018-2038.

"Kecamatan Tomo sebagai Pusat Kegiatan Lokal (PKL) diusulkan menjadi pùsat kegiatan perkotaan BUTOM GEDE, untuk mewujudkan kawasan Tomo dengan fungsi perdagangan dan jasa, Pariwisata  dan Industri berwawasan lingkungan yang sejahtera dan agamis," ujarnya.

Dalam kegiatan sosialisasi penyusunan RDTR Kecamatan Tomo di Aula Bidang Tata Ruang tersebut dihadiri Camat beserta Staf dan para Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Tomo serta instansi terkait.