Darmaraja, KORSUM.NET - Guna meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM), para perangkat desa se Kecamatan Darmaraja, dilatih Bimbingan teknis (Bimtek) Perencanaan Desa dalam pembuatan Desain dan RAB (Rancangan anggaran biaya). Upaya tersebut dilakukan karena perangkat desa mempunyai tugas berat dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat Desa.

Ketua Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (APDESI) Kecamatan Darmaraja, Oo Somantri mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan atau bimtek ini, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan Sekertaris dan kaur perencanaan desa dalam pembuatan desain dan RAB.

"Jadi melalui bimtek ini, diharapkan desa mampu membuat Desain dan RAB sesuai estimasi yang baik dan benar. Selain itu juga bisa meminimalisir perbedaan perhitungan antara desa dengan pihak pemeriksa," ujarnya saat dikonfirmasi KORSUM.NET di ruang kerjanya, Senin (14/10).

Selain itu, sambung Oo, dengan diadakannya bimtek ini juga bisa memberdayakan desa menjadi desa yang mandiri, serta dapat meningkatkan kemampuan desa dalam penyusunan rencana kegiatan pembangunan fisik di desa masing-masing.

"Alhamdulillah, saat ini semua perangkat desa di Kecamatan Darmaraja, antusias mengikuti Bimtek ini. Ini juga sebagai upaya kita (APDESI) agar meningkatnya pengetahuan para perangkat desa," tegasnya

Oo berharap, setelah diadakannya bimtek ini, para perangkat desa bisa menerapkannya dalam hal perencanaan pembangunan di tingkat Desa.

"Ya kita, harapkan kemampuan seluruh perangkat desa dapat terus meningkatkan, terutama dalam hal penyusunan desain dan RAB untuk pembangunan di Desa nya masing masing. Apalagi dengan menghadirkan para narasumber seperti kepala UPT PUPR Wilayah Darmaraja dan para pendamping desa, yang sudah paham mengenai teknis pembuatan desain dan RAB," tandasnya **