Cimalaka, KORSUM.NET -Titik api kebakaran hutan di Gunung Tampomas terus merangsek mendekati ke pemukiman penduduk di Desa Citimun dan Desa Padasari Kecamatan Cimalaka, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sejumlah hewan ternak milik warga mulai dievakuasi oleh tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Personel gabungan TNI dari Kodim 0610 dan Yonif R 301 / PKS dan personil Polres Sumedang.

"Ada sekitar 45 hewan sudah
dievakuasi ke kandang milik saudaranya, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik pada saat dikonfirmasi KORSUM.NET melalui sambungan telepon, Selasa (22/10) malam.

Sementara itu, sambung Yedi, titik api saat ini terus mendekati ke pemukiman warga, di Desa Citimun titik api sekitar 300 meter dan Blok Pasir Karees Desa Padasari 400 meter lagi ke pemukiman.

"Saat ini terus standby melakukan pemantauan dan evaluasi hewan ternak milik warga," tandasnya

TNI Dirikan Posko Satgas Karhutla Gunung Tampomas

Untuk memudahkan koordinasi dan pengendalian serta menentukan jalur evakuasi, TNI mendirikan posko satgas karhutla gunung Tampomas.

"Kebakaran hari ini cukup besar, sehingga membakar pohon-pohon yang ada disekitar hutan tersebut, dan mengakibatkan asap pekat. Sehingga membahayakan untuk penduduk sekitar, untuk memantau dan mencegah api terus menjalar ke pemukiman penduduk, kami mendirikan posko satgas Karhutla Gunung Tampomas," Ucap Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han) melalui Perwira Seksi Operasi Kapten Inf Agus.

Sebelumnya, sambung Agus, Personel gabungan TNI dari Kodim 0610 dan Yonif R 301 / PKS, Polhut Perhutani Sumedang, Polres Sumedang, Tagana, Relawan Pencinta alam Unsap melakukan pemadaman sejak tadi siang.

Api menjalar ke daerah pasir Harees, dan pemukiman warga Dusun Ciseda, Desa Citimun. Cepatnya api menjalar ke area lain disebabkan oleh kencangnya angin didaerah tersebut.

"Kami bersama team yang lainnya beserta warga masyarakat berupaya melakukan pemadaman supaya api tidak merembet ke pemukiman warga," ujarnya

Sampai saat malam ini, tambah Agus, pihaknya bersama tim lainnya melakukan pemantauan kobaran api. Mudah-mudahan api tidak merembet ke pemukiman.

"Kami menghimbau kepada warga sekitar yang pemukimanannya dekat dengan lokasi kebakaran tetap waspada dan siaga," tandasnya.

Bupati Sumedang Doni Ahmad Munir kepada wartawan memgatakan bahwa dirinya saat ini sedang berada dilokasi . "Abdi ayeuna di kaki gunung tampomas, mengarahkan apel seluruh pihak dalam menangani kebakaran tampomas" ujarnya.

"Alhamdulillah sejak awal upaya upaya terus dilakukan oleh aparat pemerintah daerah, BPBD, TNI, POLRI, Perhutani, Desa dan masyarakat untuk pemdaman dan termasuk permohonan helikopter". Pungkasnya.