SUMEDANG, KORSUM.NET - Jajaran Komando dan  Staf Kodim 0610/Sumedang melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Upacara Makodim 0610/Sumedang Jl Pangkor 64 Sumedang. Selasa Pagi (1/10/2019).

Upacara Kesaktian Pancasila ini dipimpin langsung langsung Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han) yang diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS kodim 0610/Sumedang.

Tema yang diusung pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini adalah  “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia ” Ucap Novianto.

Novianto juga mengatakan, Meski tidak ada sambutan secara khusus, upacara ini dapat terlaksana sengan khidmat, dan sebelum ditutup di laksanakan pembacaan ikrar oleh salah satu perwakilan dari peserta yang mengikrarkan bahwa " Sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah terjadi banyak rongrongan baik dari dalam negri maupun dari luar negri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ".

Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan bangsa indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi negara.

Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, bangsa indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati hari kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pungkasnya. **

Sumber : Pendim Sumedang