Kota, KORSUM.NET - Sebanyak 98 peserta yang terbagi menjadi 49 tim dan 26 perahu untuk lomba perahu hias, akan ramaikan HUT Pol Airud yang ke - 69 yang digelar oleh Polres Sumedang di perairan Waduk Jatigede Kawasan Obyek Wisata Kampung Buricak Burinong Dusun Cisema Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja.

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo melalui Plt Kasubag Humas Polres Sumedang mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan persiapan, seperti pembuatan trek untuk perlombaan perahu dayung dalam rangka HUT Pol Airud yang ke - 69, yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Desa Pakualam bersama Anggota Pol Airud dan dari Podsi (Persatuan Olahraga Dayung seluruh indonesia).

"Alhamdulillah, jumlah peserta yang akan mengikuti lomba dayung dan perahu hias ini cukup banyak, yaitu 98 peserta yang nantinya akan dibagi menjadi 49 tim, karena satu perahu itu dua orang. Dan untuk lomba perahu hias juga ada sekitar 26 perahu yang akan bertanding," ujarnya saat dikonfirmasi KORSUM.NET, Jumat (29/11).

Sebelumnya Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, perlombaan ini, dilaksanakan untuk pertama kalinya di Kabupaten Sumedang ini akan dilaksanakan di Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang pada 1 Desember 2019, mendatang.

Ia menyebutkan, lomba tersebut digelar untuk mendongkrak perekonomian warga Sumedang khususnya.

"Perlombaan ini gratis dan terbuka untuk umum. Tapi untuk lomba hias perahu pesertanya khusus untuk warga Sumedang. Sedangkan untuk lomba dayung 100 meter untuk warga Jawa Barat," ucapnya.

Kapolres juga menambahkan, ada hadiah-hadiah menarik yang sudah disiapkan. "Bagi juara lomba dayung tradisional hadiahnya sebesar Rp2.5 juta, juara kedua Rp2 juta, juara ketiga Rp1 juta, dan juara harapan Rp1 juta. Sementara untuk juara perahu hias sebesar Rp5 juta, juara kedua Rp4 juta, dan juara ketiga Rp3 juta, serta juara harapan Rp1.5 juta," tandasnya. **