Kota, KORSUM.NET - Dalam rangka mensosialisasikan Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan tahun 2020, pada Selasa (19/11/2019), Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumedang memulai rangkaian kegiatan yang bertajuk “BPS Sumedang Goes to Campus”.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan kegiatan besar BPS kepada siswa-siswa sekolah yaitu Sensus Penduduk 2020. Kampus pertama yang didatangi adalah sekolah SMKN 2 Sumedang.

Di hadapan siswa kelas XII sebanyak sekitar 140 orang yang berkumpul di aula SMKN 2 Sumedang BPS memaparkan perihal Sensus Penduduk. Dengan dihadiri Kepala Sekolah SMKN 2 serta Kepala Bidang Statistik Produksi BPS Propinsi Jawa Barat serta Kepala BPS Kabupaten Sumedang, acara yang dipandu oleh Cucu Rahmat Slamet, ST selaku Kepala Seksi Statistik Sosial di BPS Kab. Sumedang, berlangsung meriah karena acara dibawakan dengan santai dan menarik.

Tidak hanya itu acara juga disertai dengan fun game seru dan tentu saja berhadiah yang membuat siswa antusias dan betah mengikuti acara sosialisasi.

Kepala sekolah SMKN 2 Sumedang Drs. H. Edi Supriadi, M. Pd menyambuat baik acara sosialisasi ini karena memberikan wawasan baru bagi para siswa dan memberikan kesadaran akan pentingnya partisipasi siswa dalam Sensus Penduduk.

Sementara itu Kepala Bidang Statistik Produksi BPS Propinsi Jawa Barat Aryanto S.Si, MM mengharapkan bahwa pengetahuan tentang Sensus Penduduk ini tidak hanya berhenti di siswa saja tapi juga bisa disampaikan kepada orang tua, keluarga, kerabat serta tetangga, sehingga diharapkan pada bulan Februari – Maret 2020 nanti makin banyak yang akan melakukan sensus online atau melakukan update data kependudukan melalui web sensus.bps.go.id.

Selanjutnya Ferry Wibawanto, SE, MA selaku Kepala BPS Kabupaten Sumedang menjelaskan secara detil tentang pelaksanaan sensus penduduk tersebut. Disampaikan bahwa Sensus penduduk 2020 dilaksanakan melalui metode kombinasi (combined method), yaitu sensus secara mandiri dan sensus secara wawancara. Sensus secara mandiri dilaksanakan pada periode Februari - Maret 2020 sedangkan Sensus wawancara dilaksanakan di Bulan Juli 2020.

Disampaikan juga bahwa melalui Sensus Penduduk 2020 ini akan dapat diwujudkan Satu Data Kependudukan di Indonesia karena selain mengakomodir konsep kependudukan secara de facto yang biasa digunakan oleh BPS, tetapi juga akan mengakomodir konsep secara de jure yang biasa digunakan oleh Dinas kependudukan.

Selanjutnya Kepala BPS Kab Sumedang mengharapkan melalui sosialisasi ini makin banyak warga Sumedang yang bisa melakukan sensus secara online termasuk siswa – siswi SMKN 2.

Di akhir acara dilakukan penyampaian dukungan dari seluruh siswa yaitu mereka siap mensukseskan Sensus Penduduk 2020. Semoga partisipasi mereka ini membawa dampak pada suksesnya pelaksanaan Sensus Penduduk di Indonesia.

Oleh Humas BPS Kab. Sumedang