Kota, KORSUM.NET - Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumedang terus berlanjut. Setelah mendatangi beberapa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ( SMA Negeri 1 Sumedang, SMK Negeri 1 Sumedang dan SMK Negeri 2 Sumedang), kini giliran Universitas Padjajaran (UNPAD) Jatinangor Sumedang dan Kampus Sebelas April (UNSAP) Sumedang yang dikunjungi.

Sosialisasi di kampus UNPAD dilaksanakan Hari Selasa, 27 November 2019 yang berlangsung di Aula Jurusan Statistika UNPAD. Acara dipandu oleh Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Kabupaten Sumedang, Cucu Rahmat Selamet, ST.

Acara dimulai dari pagi sampai siang hari, berlangsung santai dan menarik karena diselingi oleh fun game dan kuis. Acara ini dihadiri juga oleh Ketua Jurusan Statistika Fakultas MIPA, Bapak Dr. Mohamad Nurzaman, S.Si beserta beberapa dosen Jurusan Statistika.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Statistika menyambut baik acara Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 di kampus ini. Beliau mengharapkan mahasiswa UNPAD dapat ikut berpartisipasi dalam mensukseskan Sensus Penduduk 2020.

Sementara itu Kepala Bidang IPDS BPS Propinsi Jawa Barat, Jaih Ibrohim, S.Si, yang menjadi pembicara pada acara sosialisasi ini, memaparkan perihal Kegiatan Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2020.

Pemaparan materi disertai dengan sesi tanya jawab dan pemberian hadiah kepada peserta sehingga acara lebih menarik. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama serta membuat video dukungan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

Di hari berikutnya Rabu 28 November 2019, giliran Kampus Universitas Sebelas April (UNSAP) Sumedang yang didatangi. Bertempat di Aula STIE UNSAP Sumedang, sekitar 150 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen STIE antusias mengikuti acara sosialisasi.

Acara ini dihadiri oleh Ketua STIE UNSAP Sumedang, Bapak Dr. Arifin, MM yang dalam sambutannya beliau mendukung penuh acara sosialisasi Sensus Penduduk 2020 ini demi suksesnya Pelaksanaaan Sensus Penduduk 2020 baik saat sensus mandiri maupun saat sensus wawancara nanti.

Bahkan beliau pun mengijinkan mahasiswa mahasiswi STIE UNSAP untuk terjun langsung baik ke lapangan atau di kantor untuk pelaksanaan SP2020 BPS jika BPS Kabupaten Sumedang memerlukan tenaga tambahan.

Selanjutnya Kepala seksi IPDS BPS Kabupaten Sumedang Mochamad Ilham, S.ST, MM. memaparkan kegiatan sensus yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik serta menjelaskan pentingnya data penduduk yang akurat bagi pembangunan dan perekonomian bangsa. Dijelaskan juga secara detail pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 baik Sensus Online pada bulan Februari-Maret 2020 maupun Sensus ke lapangan pada bulan Juli 2020.

Diharapkan para mahasiswa dapat menjadi agen SP2020 sehingga mereka dapat memberitahu keluarga, kerabat dan lingkungan terdekat tentang akan dilaksanakannya kegiatan Sensus Penduduk 2020.

Sebagai generasi milenial yang lebih melek teknologi, para mahasiswa sangat diandalkan untuk ikut mensukseskan SP2020 khususnya Sensus Online bulan Februari Maret 2020. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama serta membuat video dukungan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

Humas BPS Kabupaten Sume
#SensusPenduduk2020
#MencatatIndonesia