Kota, KORSUM.NET - Untuk mengantisipasi membludaknya permintaan legalisir KK, KTP, Akta Kelahiran dan Konsolidasi Data jelang dibukanya rekrutmen CPNS 2019. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang, akan membuka palayanan khusus berupa loket baru.

Loket baru untuk pelayanan legalisir KK, KTP, Akta kelahiran dan Konsolidasi Data akan dibuka di Kantor Disdukcapil lama di Jalan Pangaduan Heubeul No 48, Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara.

"Karena pelayanan Disdukcapil di Mall Pelayanan Publik (MPP), ada keterbatasan tempat dan personil. Jadi khusus pelayanan legalisir KK, KTP, Akta kelahiran dan Konsolidasi Data mulai hari Senin (4/11) akan dibuka di Kantor Disdukcapil lama," tutur Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) pada Disdukcapil, A Beni Triyady saat dikonfirmasi KORSUM.NET di ruang kerjanya, Jumat (1/11).

Untuk itu, sambung Beni, bagi masyarakat yang hendak melakukan legalisir dan Konsolidasi Data untuk keperluan CPNS ataupun yang lainnya, diharapkan tidak datang ke MPP.

"Untuk pelayanan di MPP kita tentunya sangat sibuk dengan pelayanan yang reguler," ucapnya.

Adapun alasannya dipindahkan kedua layanan tersebut, tambah Beni, merupakan hasil evaluasi dari Disdukcapil. Dimana selama membuka layanan di MPP, untuk kedua layanan tersebut sering keteteran akibat keterbatasan tempat dan personil.

"Untuk mengantisipasi membludaknya permintaan atas kedua layanan tersebut, makanya kita memindahkan kedua layanan ke kantor Disdukcapil lama. Karena di MPP kita keterbatasan personil karena memang dibatasi oleh tempat di MPP tersebut," tandasnya **