Kota, KORSUM.NET - Partisipasi orang tua  siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tanjungsari,  Kabupaten Sumedang, Jawa  Barat layak diapresiasi. Pasalnya dengan partisipasi dari orang tua siswa SMPN 1Tanjung Sari dapat menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun  2019 ini.

Gunawan, Kepala SMP Negeri 1 Tanjungsari, mengaku sangat mengaresiasi orang tua siswa, pasalnya bahwa sumbangan  pembelian komputer  tersebut sifatnya sukarela tidak ada unsur paksaan, dan sudah  sesuai dengan hasil kesepakatan kedua belah pihak antara komite sekolah dengan wali murid.

"Sumbangan  tersebut adalah sukarela tanpa ada paksaan dari  pihak komite maupun pihak sekolah, bahkan semua orang tua siswa mendukung agar dilakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), " kata Gunawan saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa 12 November 2019.

Dikatakan Gunawan, Selama ini sekolah tidak pernah memungut atau pun menentukan besarnya iuran untuk pengadaan komputer tersebut.

" Itu merupakan hasil kesepakatan bersama antara orangtua murid dengan komite sekolah, " kata Gunawan.

Lebih lanjut, Gunawan mengatakan,   bahwa musyawarah menjadi sarana komunikasi yang dilakukan antara sekolah, komite sekolah  dan orang tua siswa dalam berbagai hal termasuk untuk pengadaan komputer, dan tidak ada penekanan atau penentuan besaran iuran tersebut.

“Kita selalu melakukan musyawarah untuk kesepakatan tersebut dengan komite dan orang tua siswa serta tidak menekan atau menentukan nominal besarnya iuran tersebut, itu sukarela tanpa ada paksaan dari komite maupun pihak sekolah, " tuturnya.

Menurut Gunawan Komite Sekolah telah sangat berperan dengan sangat baik dalam membantu kemajuan sekolah, hal ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 pasal 10 ayat (1):"Komite Sekolah melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana dan prasarana serta pengawasan pendidikan.

Bagi sekolah yang jumlah peserta didiknya 350 siswa, untuk melaksanakan UNBK  diperlukan komputer sebanyak 128 komputer." Jelas Kepsek

Sementara itu, Gentur selaku Ketua Komite SMPN 1 Tanjungsari juga membenarkan bantahan kepala SMPN 1 Tanjungsari. Sumbangan ini berdasarkan hasil musyawarah mufakat pada Rapat  Komite yang  dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2019 dengan para orang tua murid kelas 8 (sekarang kelas 9) dan tanggal  16 Februari 2019 dengan para orang tua murid kelas 7 (sekarang kelas 8 red).**