Kota, KORSUM.NET - Untuk memupuk Ukhuwah Islamiyah dan mendukung program Sumedang Agamis, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Sumedang Selatan resmi dibuka.

Kegiatan diawali dengan pawai taaruf kafilah MTQ desa/kelurahan dan dibuka langsung oleh Camat Sumedang Selatan, drs. Herry Dewantara, yang juga dihadiri oleh Kapolsek Sumedang Selatan, Danramil, Para kepala uptd, para Kades dan lurah, serta Ketua MUI kecamatan Sumedang Selatan.

Ketua panitia MTQ, H kiki hakiki,S.Ag.,M.M mengatakan kegiatan MTQ tingkat Kecamatan Sumedang ini bertujuan untuk memupuk Ukhuwah islamiyyah, serta sebagai wahana evaluasi kegiatan pembelajaran alquran di lembaga pendidikan formal maupun nonformal.

"Dengan dibukanya kegiatan MTQ ini juga sebagai upaya untuk mendukung program sumedang agamis," tuturnya saat dikonfirmasi KORSUM.NET disela kegiatan MTQ yang dilaksanakan di Aula Rapat Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, Kamis (21/11).

Pada kegiatan MTQ ini juga, Sambung Kiki, sekaligus dilakukan kafilah Sumedang Selatan ke MTQ tingkat Kabupaten. Sementara untuk jumlah peserta terdiri dari 60 peserta Qori dan 72 Qoriah dari 14 desa dan Kelurahan se Kecamatan Sumedang Selatan.

"Pada kegiatan MTQ ini juga ada beberapa kategori yang dilombakan yaitu Tilawah, Tahfid, Fahmil Quran dan  Syarhil dan khot quraan," ucapnya.

Kiki berharap, agar dewan hakim dapat melakukan penilaian dengan objektif dan transparan, demi menjaga marwah dan kredibilitas MTQ. Sedangkan untuk peserta bisa berlomba dengan sportif dan elegan untuk mencapai prestasi terbaik.

"Untuk juara ke 1 dari setiap cabang lomba, akan diikutsertakan pada MTQ tingkat Kabupaten sumedang, yang akan dilaksanakan pada Bulan  Desember
2019 mendatang, yang  bertempat di Islamik Center Sumedang," tandasnya. ***