Situraja, KORSUM.NET - Untuk menunjang potensi wisata Jatigede maka di pengkolan Jeger tepatnya di Jalan Umar Wirahadi Kusuma, Tim Pembina (TP) PKK di Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang melibatkan diri untuk mensukseskan program Sumedang Simpati dengan melayani pengunjung atau calon wisatawan terutama yang akan berkunjung ke waduk Jatigede dengan membuka kedai atau warung produksi UMKM di seluruh Desa Se Kecamatan Siturja.

"Mendirikan kedai kopi,warung makan, dan kerajinan UMKM desa yang ada di Kecamatan Situraja untuk mendukung kabupaten Sumedang yang sudah berkomitmen menjadi daerah destinasi wisata kelas dunia." Ujar Camat Situraja H.Sutisna selaku pembina TP PKK Jumat (4/11/2019).

Dia mengatakan, keterlibatan ibu-ibu PKK di 15 desa yang ada di Kecamatan Situraja merupakan suatu rasa solidaritas warga agar pengunjung betah ke objek wisata di Jatigede karena mudah mendapatkan oleh-oleh dan tidak merasa kebingungan karena susah ketika hendak mecari oleh-oleh dan menikmati sajian makanan yang harganya cukup bersaing.

"Melalui korps PKK yang menyajikan, kedai kopi, makanan ringan serta kerajinan yang nilainya tidak kalah dengan ditoko dan restoran sebab harganya cukup bersahabat, " sebutnya.

Ditempat yang sama kepala Desa Situraja Utara Ico Suarsa,S.sos mengatakan Warung PKK Situraja kerjasama dengan TP PKK desa menawarkan berbagai jenis produk hasil UMKM binaan TP PKK Situraja.

" Disini menyediakan berbagai jenis produk dari UMKM seperti Kopi, gula aren, sawo, sapu, sepatu, buah gedong gincu, dari Desa Cijeler ada Dengndeng, Daun singkong,Opak unyil dari Cijati,. Ambit kerupuk bangreng, bakakak, Pamulihan Sambal,Karangheleut Kerupuk Malarat, Bangbayang Keripik Cau, Jati Mekar Sapu lidi, Cicarimanah Buah gincu, Bongsai Desa Malaka, Situraja utara kerajinan buat pot dari bahan bekas, Situraja Ranginang, Mekarmulya Batok kelapa,Cikadu kolontong, dan dari UMKM Desa Kaduwulung menyediakan sepatu dan kopi." pungkasnya