Bappenda melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan e-BPHTB kepada para petugas pembantu PPAT/PPATS se-Kab. Sumedang.

Kota, KORSUM.NET - Manajemen pengelolahan sistem pembayaran BPHTB (bea perolehan hak atas tanah dan bangunan) pada awalnya dilakukan oleh DJP (Direktorat Jendral Pajak) yang dibawahi Departemen Keuangan.

Sistem Informasi Manajemen BPHTB, e-BPHTB, BPHTB Online, aplikasi SIM-BPHTB, aplikasi e-BPHTB, aplikasi BPHTB Online, aplikasi pajak BPHTB web, aplikasi pajak daerah

BPHTB pada hakekatnya adalah pajak daerah kota/kabupaten. Untuk lebih meningkatkan peran Pemerintah daerah, maka lahirlah Undang Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD). Salah satu Point dalam undang undang itu adalah pengalihan manajemen pengelolahan BPHTB dari DJP ke Pemerintah Kabupaten/Kota.

"Pada beberapa waktu yang lalu,  Selasa (19/11/2019) Bappenda Sumedang membuat sistem e-BPHTB/BPHTB online, yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam segi mempercepat pelayanan, tertib adminsitrasi,"ungkap Kepala Bidang Pelayanan dan Verifikasi pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang Yusup Sahrulloh.

Selain itu juga, kata Yusuf, e-BPHTB mempermudah pihak-pihak terkait seperti PPAT atau PPATS, perbankan, KPP Pratama dan BPN.

"Untuk mensosialisasikan e-BPHTB tersebut Bappenda melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan e-BPHTB kepada para petugas pembantu PPAT/PPATS se-Kab. Sumedang yang dilaksanakan di aula rapat Bappenda," jelasnya.