Buahdua, KORSUM.NET - Dalam rangka menyambut tahun baru yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Desember 2019 bertempat di Waduk Jatigede yang akan dimeriahkan oleh kesenian tradisional Tari Umbul kolosal untuk menarik minat wisatawan dalam dan luar manca negara, dilakukan beberapa persiapan dengan gladi.

Rencananya, peserta tari umbul diikuti oleh seluruh kecamatan se-Kabupaten Sumedang dan pada malam harinya diadakan pesta kembang api yang akan dinyalakan ditengah pulau kecil Waduk Jatigede.

Pada Senin lalu (26/12/2019), sedikitnya 4 kecamatan yakni, Kecamatan Surian, Tanjungmedar, Tanjungkerta dan Kecamatan Buahdua mengadakan gladi resik bersama di lapang Darongdong Buahdua sebanyak 700 peserta yang dipandu pelatih dari Sumedang dan dihadiri Kadispora dan Kabid Kebudayaan Ade Suhendar.

Menurut Ade Suhendar, Kabid Kebudayaan dalam sambutannya, bahwa jangan malu dalam pentas kesenian khas asli Sumedang seperti tari umbul kolosal, bahkan manca negara seperti pada waktu menyambut lomba paralayang tingkat dunia lalu di Sumedang.

"Event ini merupakan upaya mencari branding dalam rangka menarik minat para wisatawan dalam dan luar negeri,"  pungkasnya.**