Kota, KORSUM.NET - Enam orang calon akan bersaing memperebutkan kursi ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPMD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sumedang. Pada Musyawarah Daerah (Musda) KNPI ke 13 yang akan dilaksanakan di Gedung Islamic Center Sumedang, Rabu (11/12) Besok.

Ketua Organize Comite (OC) Musda DPRD KNPI Kabupaten Sumedang, Joko Kustejo mengatakan, hasil rapat pleno panitia dari sebelas pendaftar, terdapat enam orang pendaftar yang berhak maju pada bursa pemilihan ketua DPD KNPI Kabupaten Sumedang.

Adapun keenam kandidat calon ketua tersebut, diantaranya Yansri Mulyani, Cece Raita, Rian Syaifurakhman, Kusmana, Ekky Ahmad Muzaki Ramdhani dan Obi Haliman.

"Keenam orang ini, besok diagenda Musda KNPI ke 13, akan dipilih secara poting untuk menjadi ketua DPD KNPI Kabupaten Sumedang periode 2019 - 2022," ucapnya saat dikonfirmasi KORSUM.NET, di Sekretariat KNPI Kabupaten Sumedang, Selasa (10/12).

Sementara itu pada Musda KNPI Kabupaten Sumedang yang akan dilaksanakan besok, sambung Joko, terdapat 125 orang yang mempunyai hak pilih untuk menentukan calon ketua KNPI Kabupaten Sumedang. Yang terdiri dari 96 OKP yang terdaftar di KNPI, 26 kecamatan pengurus kecamatan (PK), 1 DPD (3 suara dari DPD KNPI Sumedang),1 MMPI KNPI, dan 1 KNPI Jabar.

"Jadi nanti, jika salah satu calon memperoleh suara 20%, maka si calon tersebut berhak melaju ke putaran kedua. Sebaliknya jika perolehan suaranya dibawah 20% otomatis tidak bisa melaju ke putaran kedua. Akan tetapi jika ada salah satu calon memperoleh suara 50 +1% suara, maka calon itulah yang terpilih menjadi ketua KNPI Kabupaten Sumedang periode 2019 - 2022," ujarnya.

Joko berharap, siapapun yang terpilih nanti, bisa membawa KNPI Kabupaten Sumedang menjadi lebih maju lagi. Serta menjadi wadah generasi muda di Kabupaten Sumedang.

"Intinya bagi ketua KNPI yang baru nanti, harus bisa mewadahi generasi muda di sumedang. Karena dari generasi muda banyak potensi potensi yang bisa digali. Dan yang paling penting juga, siapapun yang terpilih nanti bisa menjadikan KNPI ini, menjadi lembaga pemuda yang paling seksi. Dalam artian lebih maju lagi dari lembaga pemuda yang lainnya," tandasnya. **