Kota, KORSUM.NET - 31 Desember, sedikitnya 5555 penari Umbul Kolosal akan menunjukan kebolehannya di Waduk Jatigede dalam rangka menyambut Tahun Baru dan Natal. Malam harinya, pesta Kembang Api akan dinyalakan dari pulau kecil ditengah Waduk Jatigede yang bisa disaksikan dari semua arah.

Menurut Kadispora Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santoso, even ini merupakan upaya mencari brendding Sumedang untuk menarik para pengunjung karena unik dan menarik. Aksi ke 5555 penari Umbul Kolosal akan menempati lahan sekitar 2 hektar, tepatnya di Desa Cijengjing Kecamatan Jatigede.

"Dalam even ini kami sudah mengundang DPR RI, DPRD Provinsi Dapil Majalengka, Subang, termasuk DPRD Sumedang. Sementara para pejabat yang diundang yaitu Kemenpar, Kadispar Jabar termasuk Gubernurnya," kata dia.

Senada Sekda Kabupaten Sumedang, Herman Suyatman, ivent ini merupakan upaya berbagai hal agar Sumedang bisa tampil terdepan di kancah nasional. Sumedang kata dia, harus memposisikan diri tidak diposisikan.

"Bupati sudah memposisikan diri bahwa Sumedang sebagai tujuan wisata. Artinya Sumedang harus jadi peran utama dalam kancah pariwisata di Jabar maupun internasional," tandasnya.

Sehingga, lanjutnya, harus ada even yang menarik karena berbeda dengan yang lain. Intinya, Sumedang harus sejahtera maka tentu harus ada sektor yang diunggulkan yaitu sektor pariwisata.

Sekda menambahkan, untuk even ini Pemkab mendapat dukungan Forkopimda termasuk persiapan dan pembenahan bahkan koordinasi dengan Polres, Kodim, Dishub dan Satpol PP.**