Kota, KORSUM.NET - Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) kabupaten Sumedang telah melakukan pemasangan tapping box atau alat rekam data transaksi.

Alat rekam tersebut dipasang di setiap restoran, hotel, tempat hiburan dan parkir. Pemasangan tapping box ini merupakan program Nasional yang baru buming dilaksanakan saat ini, dengan tujuan meningkat pendapatan pajak.

“Saat ini, baru empat Wajib Pajak (WP) yang dipasang tapping box diantaranya Hotel, Restoran, tempat hiburan dan parkir. Fungsi alat rekam atau tapping box ini, akan mendata secara otomatis disetiap transaksi yang langsung terhubung dari WP ke Bappenda Kabupaten Sumedang.

Lalu, disetiap bulan laporan dari WP akan di sinkronisasikan dengan data transaksi di kami,”jelas Kepala Sub Bidang Penilaian pada Bidang Pendataan di Bappenda Kabupaten Sumedang Iman Hilman saat dikonfirmasi, Jumat (13/12).

Tapping box ini, kata Iman, merupakan program Nasional dan dipastikan se-Indonesia telah menggunakan tapping box.

Adapaun anggaran untuk alat rakam data transaksi ini di biayai oleh APBD Kabupaten Sumedang dan saat ini tapping box yang sudah terpasang ada 85 tapping box, nantinya akan ada bantuan untuk pengadaan alat tapping box melalui dana CSR dari bank Bjb Sumedang.

“Tidak semuanya restoran atau lahan parkir dan hotel serta tempat hiburan bisa dipasang tapping box, karena kalau di WP nya sudah ada alat cash register baru bisa di pasang tapping box dan bila belum ada alat cash registernya maka Bappenda Kabupaten Sumedang akan memonitoring turun ke lapangan.

Dengan alat tapping box ini bisa membantu meningkatkan PAD dengan langsung bisa mengontrol di server kami, berapa jumlah transaksi WP akan di sinkronkan dengan data di kami," ungkapnya.