Tanjungkerta, KORSUM.NET - Pemerintah Desa Mulyamekar Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang pada Kamis (5/12), bersama para Lembaga Rt RW dan tokoh masyarakat, pemuda dan agama bertempat di aula kantor Desa Mulyamekar mengadakan rapat pembentukan BUMDES yang dipimpin oleh Tim pelaksana sebagai ketua Romli Firdaus dan penasehat Rahwi selaku Kepala Desa berjalan lancar.

Berdasarkan hasil musyawarah, BUMDES Mulyamekar Kecamatan Tanjungkerta bernama "MEKAR MANDIRI" yang berkedudukan di Desa Mulyamekar Kecamatan Tanjungkerta didirikan pada tanggal 5 Desember 2019.

Ketua Tim pelaksana, Romli Firdaus, mengatakan, untuk menjamin keamanan, kelancaran dan ketertiban Bantuan permodalan dari pemerintah dari pusat maupun dari donatur, dan demi meningkatkan pendapatan tarap hidup masyarakat, serta mendorong pengembangan ekonomi desa, meningkatkan sumber pendapatan desa, perlu adanya lembaga usaha yang bertugas dan bertanggung jawab untuk pengelolaannya di Desa.

"Berdasarkan peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Republik indonesia nomor 4 tahun 2015 tentang pendirian dan pengurusan pengelolaan dan pembubaran BADAN USAHA MILIK DESA dan Peraturan Kepala Desa tahun 2019 tentang pembentukan BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES)," sebutnya.

Kepala  Desa Mulyamekar, Rahwi, dalam arahannya setelah dibentuknya BUMDES agar dikelola berdasarkan prinsip kehati-hatian keterbukaan, mandiri, akuntansi dan profesional dan penuh tanggung jawab.**

Wartawan : Indang