Kota, KORSUM.NET - Dianggap sering meluap dan menyebabkan banjir ke pemukiman dan jalan umum, personel TNI dan Masyarakat Lingkungan Sindangpalay bergotong royong membersihkan saluran sungai burujul yang melintas sepanjang pemukiman warga.

Hal tersebut diucapkan Ketua RW 04 lingkung Sindangpalay Yana Mulyana, saat dikonfirmasi media saat melaksanakan karya bhakti pembersihan saluran sungai tersebut, di lingkungan Sindangpalay Kelurahan Pasangrahanbaru Kecamatan Sumedang Selatan. Selasa Pagi (10/12/2019)

"Kami mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak TNI dari Koramil Sumedang Selatan yang sangat peduli akan kebersihan dan keselamatan warga kami". Ucap Yana.

"Daerah kami ini memang bisa dikategorikan daerah rawan banjir musiman, pokonya apabila terjadi hujan, pasti pasti air dari sungai ini meluap dan menyebabkan banjir ke pemukiman warga" imbuhnya.

"Kami bersama warga selalu berupaya untuk mencegah terjadinya banjir yang disebabkan oleh luapan air dari sungai tersebut, dengan cara komitment bersama warga untuk tidak membuang sampah ke saluran sungai, karena dapat menyebakan aliran tersumbat". Terangnya.

Hal serupa juga diungkapkan Danramil 1001/Sumedang Utara Kapten Inf Ruhdi Prasetijo melalui Batibung Perwakilan Koramil Sumedang Selatan Peltu Aji Purwana menuturkan kegiatan karya bhakti ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2019.

Disamping untuk menjaga kebersihan kegiatan karya bhakti ini bertujuan untuk "membangun kebersamaan antara TNI dengan Masyarakat" sesuai Tema Hari Juang TNI AD Tahun 2019 ini adalah "TNI AD ADALAH KITA".

Dengan terciptanya kondisi saaluran sungai yang bersih, aliran air dapat  berjalan dengan normal, karena tidak tersumbat oleh tumpukan sampah atau material lainnya.

"Apabila aliran air normal dan lancar,  kita bisa terhindar dari luapan air dari sungai dan terbebas dari banjir". Pungkasnya.