Kota, KORSUM.NET - Dalam menghadapi liburan panjang pada jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang akan mempersiapkan 106 armada khusus angkutan umum.

Hal itu, disampaikan perwakilan Dishub Herman pada acara jumpa pers di IPP, Rabu (18/12). Namun, kata dia, jika masih kurang hingga terjadi penumpukan penumpang, maka Dishub akan turunkan lagi armada angkutan umumnya.

"Ada 106 armada sudah dipersiapkan, terdiri AKAP 26 armada, AKDP 58 armada dan pariwisata 28 armada. Kesiapan armada itu tidak hanya untuk Natal dan Tahun Baru, namun antisipasi ivent tari Umbul Kolosal di Jatigede," tandasnya.

Sebab, menurutnya, even tersebut dipastikan akan terjadi peningkatan volume kendaraan disetiap ruas jalan. Disamping itu, dibeberapa titik diperkirakan akan terjadi penumpukan kendaraan seperti di tempat hiburan dan pusat perbelanjaan.

"Untuk antisipasi rekayasa lalu lintas, Dishub akan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Sumedang. Sementara Dishub akan mem-beck up sarana dan prasarana lalu lintas seperti rambu maupun petugas pengatur lalu lintas," ujarnya.

Dishub akan melibatkan 96 personil, dimana 66 personil akan disebar untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru, sementara 30 personil untuk pengamanan even tari Umbul Kolosal di wilayah Waduk Jatigede.

"Untuk pengamanan kendaraan penari umbul kolosal dibagi ada 2 akses masuk Jatigede. Pertama gerbang utama di Satker Jatigede dan gerbang ke-2 yaitu Eretan termasuk menyediakan dua lokasi area parkir," katanya. **