Kota, KORSUM.NET - Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo remi membuka Kejuaraan dayung dan Lomba Hias dalam rangka HUT Polairud yang ke - 69, yang digelar oleh Polres Sumedang di perairan Waduk Jatigede Kawasan Obyek Wisata Kampung Buricak Burinong Dusun Cisema Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja.

Sebanyak 48 tim akan berlomba dalam lomba dayung dan 14 perahu hias akan bertanding dalam kejuaraan pada HUT Polairud ke - 69 ini.

"Adanya waduk ini menjadi sebuah peluang dan manfaat ,Keindahan alam ini kalau tidak di explore adalah suatu yang zalim. Makanya kita sengaja mengadakan lomba ini, dan untuk yang pertama kalinya digelar di Sumedang," ucap Kapolres, disela kegiatan di Kampung Buricak Burinong, Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja, Minggu (1/12).

Untuk lomba dayung ini, sambung Hartoyo, sebanyak 48 tim yang mengikuti kegiatan tournament perahu dayung ini terbagi menjadi 6 hit. Sementara untuk lomba perahu hias kita khususkan untuk warga atau nelayan yang ada di sekitar waduk Jatigede.

"Menurut jadwal lomba perahu dayung dan perahu hias ini, akan selesai pada hari ini juga," ujarnya.

Selain itu, sambung Kapolres, dalam kesempatan yang sama, dilaksanakan juga kegiatan bhakti sosial (Bhaksos) berupa pemberian 200 paket sembako dan pengobatan gratis bagi masyarakat disekitar area waduk Jatigede.

"Kami ucapkan terimakasih kepada sejumlah pihak terkait yang telah ikutserta dalam menyukseskan kegitan HUT Polairud ke-69 ini," tuturnya.

Hartoyo juga menyebutkan, lomba tersebut digelar untuk mendongkrak perekonomian warga Sumedang khususnya, dan bagi para peserta ada hadiah-hadiah menarik yang sudah disiapkan.

"Bagi juara lomba dayung tradisional hadiahnya sebesar Rp2.5 juta, juara kedua Rp2 juta, juara ketiga Rp1 juta, dan juara harapan Rp1 juta. Sementara untuk juara perahu hias sebesar Rp5 juta, juara kedua Rp4 juta, dan juara ketiga Rp3 juta, serta juara harapan Rp1.5 juta," tandasnya.

Ditempat yang sama Sekertaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman, mengapresiasi kejuaraan lomba perahu dayung dan perahu hias yang dilaksanakan oleh Polres Sumedang dalam rangka HUT Polairud ke- 69 ini.

"Tentunya pihak pemerintah sangatlah mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini," ujarnya.

Herman menambahkan, dengan adanya kegiatan ini juga, semakin memotivasi pemerintah kabupaten sumedang, untuk menjadikan Wisata Waduk Jatigede sebagai Destinasi Wisata di Kabupaten Sumedang.

"Kedepan insyaallah, kita akan gelar kejuaraan yang lebih besar lagi, bila perlu kejuaraan tingkat dunia," tandasnya. ***