Kota, KORSUM.NET - Meski pendaftaran calon kepala desa sudah ditutup namun ada rumor yang beredar dilapangan bahwa diduga incumbent meminta waktu pendaftaran diperpanjang.

"Abdi mung ngadangu  ada desas-desus seperti itu, calon incumbent meminta perpanjangan waktu pendaftaran dikarenakan dia belum menyelesaikan kewajiban melunasi hutangnya, tapi didalam tubuh panitia sendiri ayeuna teh terjadi perdebatan, ada yang setuju ada yang tidak," ungkap sumber yang enggan disebutkan namanya Rabu (18/12).

Sementara itu calon incumbent kades Pakualam kecamatan Daramaraja  Yuyud (44) membantah isu tersebut, pasalnya tidak ada yang meminta waktu perpanjangan pendaftaran Kades.

"Tidak ada yang minta perpanjangan waktu pendaftaran Kades karena masalah hutang-piutang, yang ada hanya masalah perelengkapan administrasi, dan hal itu masih dalam proses sebab sesuai aturan masih ada waktu sampai 31 Desember 2019 jadi tidak ada masalah," Katanya Rabu (18/12) di Situraja.

Dikatakan, Penerimaan pendaftaran calon Kades dari tanggal 2 sampai 12 Desember 2019 lalu.

"Kalau pendaftaran kan sudah ditutup sejak 12 Desember lalu, tapi untuk perlengkapan administrasi sampai tanggal 31 Desember." Jelasnya.

Lebih jauh ia mengatakan, masalah kelengkapan administrasi bukan hanya incumbent Kades Pakualam tapi seluruh incumbent di se Kabupaten Sumedang.

"Jadi bukan hanya Pakualum tapi seluruh calon incumbent se-Kabupaten Sumedang masih harus menyelesaikan adminstasi terlebih dahulu sebagai tindak lanjut LHP dari tahun 2013-2018." Pungksanya**