Kota, KORSUM.NET - Adanya kekosongan Camat di Kecamatan Sukasari berdampak terhadap pelayanan masyarakat, khususnya terkait penerbitan Akte Jual Beli (AJB). Pasalnya untuk penerbitan AJB tidak bisa dilakukan oleh Pjs Camat.

Hal tersebut dirasakan oleh Kepala Desa Sukarapih Kecamatan Sukasari, Setiawan Saputra bahwa, hingga saat ini dengan kosongnya camat definitif di Kecamatan Sukasari, berdampak terhadap pelayanan masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan AJB dan Keterangan Waris.

"Banyak permintaan warga, untuk memproses AJB saat ini harus tertunda karena tidak adanya camat definitif di Kecamatan Sukasari," ucapnya saat dikonfirmasi KORSUM.NET saat menghadiri Kegiatan Diseminasi Penanggulangan Kemiskinan dalam rangka pembinaan Aparatur Pemerintahan Desa di Islamic Center Sumedang, Rabu (4/12).

Adapun dampak lainnya, sambung Setiawan, adalah berkurangnya Penghasilan Asli Desa (PADes) dari pembuatan AJB tersebut.

"Iya kan, setiap pembuatan AJB itu menghasilkan PADes, dan saat ini semenjak belum adanya camat definitif, otomatis berkurang juga terhadap PADes," tegasnya.

Lebih lanjut Setiawan mengatakan, saat ini minat masyarakat untuk mengurus AJB melalui pemerintahan Desa dan Kecamatan sangat banyak. Dibanding harus mengurus ke Notaris.

"Masyarakat itu sekarang lebih banyak memilih mengurus AJB ke Desa dibandingkan nie Notaris. Karena mereka menganggap selain proses lebih cepat dari segi administrasi juga lebih murah dibandingkan harus ke Notaris," tuturnya.

Setiawan menambahkan, bukan hanya di Desa Sukarapih yang merasakan dampak tersebut. Tetapi hampir semua desa di Kecamatan Sukasari merasakan dampak yang sama.

"Saya juga kurang tahu, kenapa Camat di Sukasari hingga saat ini belum diisi. Padahal setahu saya, sebelumnya ada dua kecamatan yang kosong, yaitu Kecamatan Rancakalong yang saat ini sudah ada camatnya yang dilantik pada Rotasi mutasi beberapa waktu lalu. Dan kalau tidak salah Pemerintah Kabupaten Sumedang sudah melakukan dua kali rotasi mutasi," tandasnya.

Seperti diketahui kekosongan Camat Sukasari sudah terjadi pada awal bulan Juli 2019. Karena waktu itu Camat Sukasari, Dase Suheryana (54) tutup usia. Dan hingga saat ini belum ada Camat definitif penggantinya. **