Kota, KORSUM.NET - Lima Perusahaan di Kabupaten Sumedang meraih predikat Biru dalam pengelolaan lingkungan Hidup pada acara pemberian penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Daerah (Properda) Tahun 2018 - 2019, yang digelar di Hotel El Royal, Bandung pada Senin (23/12)

Adapun kelima perusahaan tersebut yaitu, CV. Perintis Putra Bangsa, PT. Gracia Pharmindo, PT. Sidola, PT. Adhi Persada Properti, dan PT. Nishikawa.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap perusahaan - perusahaan, atas ketaatan dalam pengelolaan lingkungan hidup pada masing-masing industrinya. Pemberian penghargaan tersebut, langsung diberikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Ir. Bambang Rianto, M.Sc.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang, Fery Satria  mengatakan, pada kesempatan tersebut, pihaknya mengikutsertakan perusahaan-perusahaan yang memiliki kinerja bagus dalam pengelolaan lingkungan hidup.

"Kami mengusulkan perusahaan-perusahaan  yang berdasarkan pembinaan kami telah melaksanakan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik untuk mengikuti Program penilaian Properda" ucap Fery saat dikonfirmasi KORSUM.NET, di ruang kerjanya, Kamis (26/12)

Sementara itu indikator perusahaan yang diusulkan untuk mengikuti  penilaian Properda tersebut, sambung Fery, adalah perusahaan yang sudah memiliki kelengkapan dokumen lingkungan/perizinan, perusahaan yang sudah melaksanakan pengendalian pencemaran air,  udara, pengelolaan lb3.

"Jadi tidak semua perusahaan mendapatkan kesempatan mengikuti ajang Properda tersebut, hanya perusahaan telah melaksanakan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik," tandasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang, Ir. Yosep Suhayat, sangat mengapresiasi perusahaan yang mengikuti program Properda.

Yosep berharap agar perusahaan -perusahaan tersebut tidak berpuas diri dengan capaian kinerja pengelolaan lingkungan hidup, akan tetapi bagaimana perusahaan tersebut dapat terus mempertahankan kinerja pengelolaan lingkungan hidupnya demi keberlanjutan usaha, keberlanjutan lingkungan dan keberlanjutan sosial.

"Kita akan monitor terus perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang, untuk terus melaksanakan kewajibannya dalam pengelolaan lingkungan, melaksanakan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik berarti mempertahankan keberlanjutan usaha, keberlanjutan lingkungan, dan keberlanjutan sosial," ucapnya.

Sementara itu, Deddy Jalesvevanto yang mewakili PT. Adhi Persada Properti, selaku pengelola Apartemen Taman Melati Jatinangor, sebagai salah satu perusahaan yang meraih predikat Biru dalam pengelolaan lingkungan hidup mengucapkan, terima kasih kepada semua pihak yg berusaha keras melaksanakan kewajiban pengelolaan lingkungan hidup serta apresiasi atas pembinaan yang dilakukan oleh DLHK Kabupaten Sumedang.

"Alhamdulillah, dengan diraihnya predikat Biru dalam Properda tahun 2019, ini semua atas kerjasama dan pembinaan dari DLHK Kabupaten Sumedang. Semoga program Properda dapat berlangsung terus dan semua perusahaan peserta Properda dapat meraih predikat terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup," ujarnya. **