Kota, KORSUM.NET - Saat ini, angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang capai 9,76% atau sekitar  110 ribu. Namun optimis, tahun 2023 akan menurun diangka 5,76% yang tiap tahunnya turun 0,8%.

Hal itu disampaikan Sekda Kabupaten Sumedang, Herman Suyatman, usai hadiri acara Deiseminasi Penanggulangan Kemiskinan dalam rangka Kegiatan Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa yang diikuti perangkat desa se- Kabupaten Sumedang di Islamic centre, Kamis (5/12).

"Atau turun 4% dalam kurun waktu 5 tahun karena akan habis dibagi perdesa yang dianggarkan dari dana desa untuk penanggulangan kemiskinan," tandas sekda.

Kata dia, kini saatnya mulai menata diri merapatkan barisan akselerasi penanggulangan kemiskinan dari tingkat kecamatan hingga desa.

'Kami dorong desa dalam  menata keuangan yang berorientasi untuk penanggulan kemiskinan yang ditargetkan tiap tahun harus menurun,"  ujarnya.

 Senada dikatakan Kabid Pemdes, H. Nuryadin. Kata dia, Pemda tengah konsen pada penanganan kemiskinan yang ditargetkan turun 0,8% dari angka kemiskinan pertahunnya.

Dijelaskan, untuk memudahkan target ini, maka desa suatu lembaga yang srategis, maka akan bagi habis target perkecamatan dan perdesa.

"Kita akan bidik desa karena anggarannya sangat besar. Bahkan di desa ada anggaran untuk kemiskinan karena tahu jumlah warga yang miskinnya," tuturnya.

Sehingga, lanjutnya, target di desa itu akan diakumulasikan ke kabupaten, dan angka penurunan 0,8% itu optimis tercapai karena semua berjuang dan dievaluasi.**