Kota, KORSUM.NET - Curah hujan tinggi yang mengguyur kabupaten sumedang mengakibatkan, pergerakan tanah di lokasi pembangunan perumahan Rancamulya Residence, menjadi penyebab terjadinya banjir lumpur di Jl. Terusan 11 April Dusun Andir RT. 04 / 08 Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang.

Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana melalui Kasubag Humas Polres Sumedang Iptu Dedi Juhana membenarkan akan adanya bencana banjir lumpur yang disebabkan hujan deras, sehingga arus air hujan menimbulkan pergerakan tanah di lokasi pembangunan perumahan Rancamulya Residence tersebut.

"Jadi akibat hujan yang lebat sekira Pukul 19.30 WIB, sehingga pada  pukul 20.30 WIB, membuat arus air di lokasi pengerjaan penataan perumahan Rancamulya Recidence yang cukup besar. Sehingga mengakibatkan saluran air tersumbat sehingga tanah yang terbawa arus air tersebut menutupi Jalan Terusan Sebelas April sepanjang 50 Meter dengan ketebalan 5 - 10 Cm," ucapnya, Rabu (24/12).

Dengan adanya banjir lumpur tersebut, sambung Dedi, pihaknya melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR, BPBD dan Damkar, serta melakukan pengaturan arus lalu lintas dan membantu membersihkan jalan dari lumpur tersebut.

"Alhamdulillah akibat dari kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan arus lalu lintas masih bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat," tandasnya. **