Cisitu, KORSUM.NET - Bencana pergerakan tanah kembali terjadi di Dusun Sukamaju RT 03 RW 01 Desa Sundamekar Kecamatan Cisitu, Kamis (5/12).

URC Pusdalops BPBD Sumedang, Anto Arianto mengatakan, pihaknya menerima laporan dari aparatur Desa Sundamekar terkait adanya pergerakan tanah di di Dusun Sukamaju RT 03 RW 01 Desa Sundamekar Kecamatan Cisitu, pada hari Kamis (5/12).

"Kalau untuk waktu kejadian pergerakan tanah belum bisa  dipastikan kapan terjadinya, karena baru ketahuan pada hari Kamis," ucapnya saat dikonfirmasi KORSUM.NET melalui pesan Whatsappnya, Jumat (6/12).

Adapun penyebab bencana tersebut, sambung Ariyanto, kemungkinan dikarenakan curah hujan yg cukup tinggi, sehingga perlunya penelitian lebih lanjut.

"Untuk panjang retakan seki tar 150 meter dengan lebar retakan dari 10 sampai dengan 30 cm. Dan upaya yg dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten Sumedang yaitu, pengecekan ke lokasi dan mengantisipasi warga agar waspada.

Sementara untuk antisipasi itu, kita membutuhkan karung dan logistik untuk gerakan gotong royong yang akan dilaksanakan hari sabtu besok," tandasnya. **