Kota, KORSUM.NET - Peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat yang jatuh pada 15 Desember, dimeriahkan Kodim 0610/Sumedang dengan kegiatan Gobar (gowes bareng) atau Sepeda Santai.

Kegiatan yang berlangsung hari ini,sabtu(21/12/2019), tidak hanya diikuti para prajurit TNI maupun Polri, namun turut melibatkan peserta lain dari berbagai elemen masyarakat yang berada diwilayah Kabupaten Sumedang

Alun-alun Kota Sumedang, yang menjadi awal start sudah dipadati ribuan peserta sejak pukul 06.00 WIB. Peserta yang tergabung berasal dari satuan TNI, Polri, instansi, klub-klub Sepeda, pelajar hingga berbagai elemen masyarakat.

Start dimulai pukul 07.00 WIB. Para peserta Gowes dilepas langsung oleh Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianti Firmansyah S.E.,M.Tr(Han), bersama Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana, wakil DPRD Kabupaten Sumedang, Sekda Kabupaten Sumedang

Tercatat lebih dari 5.000 peserta gowes yang terlibat. Mereka menyusuri jalan-jalan protokol kota Sumedang dengan jarak tempuh sejauh 12 kilometer. Di mulai dari Alun-alun Kota Sumedang, menuju Bundaran Alam sari, bypass dan berakhir di Makodim 0610/Sumedang.

Menariknya Gowes Bersama HUT TNI ini juga diikuti oleh penggemar sepeda Tempo Doeloe atau Sepeda Ontel lengkap dengan segala atributnya. Ada yang bergaya seperti seragam Presiden RI Pertama Ir. Soekarno, seragam Ala Tentara BKR/TKR, seragam ala Tentara Jepang.

Sampai di Finish di MakoDim 0610/Sumedang seluruh peserta disediakan makanan dan minuman gratis serta dihibur dengan penampilan dan atraksi drim band anak TK kartika XXI musik, Pentas tari umbul dari ibu ibu persit dan artis penyanyi serta diselingi dengan pembagian hadiah door prize.

Pada kesempatan tersebut,Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han) bersama-sama dengan tamu undangan dan segenap prajurit, ibu-ibu Persit dan peserta gowes bareng turut bernyanyi, berjoget dan bergembira bersama.

Dandim  mengatakan bahwa, kegiatan Gowes sepeda kali ini dalam rangka puncak acara memperingati Hari Juang TNI AD ke-74, untuk mendekatkan TNI dengan rakyat.

“Ini merupakan kegiatan puncak peringatan Hari Juang TNI AD, selain gowes banyak rangkaian kegiatan seperti Bakti Sosial, Ziarah ke TMP, Donor Darah dan Karya Bhakti,” ujarnya.

Dia berharap kedepan TNI akan semakin dekat dengan rakyat, serta dapat meningkatkan profesional prajurit ke depan menjadi lebih baik.

Menurutnya, acara syukuran memang dikemas dengan sederhana melalui Gowes dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat, pemerintah daerah dan stakeholder di wilayah masing-masing.

“TNI milik kita semua, baik TNI, Polri dan Pemda serta masyarakat, mudah-mudahan Hari Juang tahun ini TNI bisa lebih eksis, profesional dan lebih dicintai oleh rakyat, dan tetap membantu Pemda untuk percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Sumedang ,” ungkapnya.**