Kota, KORSUM.NET - Candra Hermawan alias Wirog (27)  seorang buruh harian lepas, asal Gg Sukasirna, Desa Sukajadi Kecamatan Cibeureum Kidul Kabupaten Bandung ini, diancam hukuman dipidana mati, penjara seumur hidup, paling singkat 6 (enam) tahun, paling lama 20 (duapuluh) tahun dan denda paling banyak 100 (seratus) miliar rupiah ditambah 1/3. Usai terbukti memesan satu paket ganja dengan berat 1.411 gram melalui PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Sumedang.

Adapun modus candra untuk mengelabui polisi yaitu dengan cara memesan ganja kering dari seseorang di Medan dan dikirim ke alamat adiknya yang bernama Desvita di Dusun Kebon Kalapa No.46, RT. 04, RW. 05, Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara.

"Pengiriman paket ganja tersebut akhirnya terkuak Satres Narkoba Polres Sumedang. Dan tersangka diketahui telah menguasai, menyimpan dan menjadi perantara dalam jual beli Narkotika yang diduga jenis ganja.

Tersangka sendiri diamankan pada hari Kamis 19 Desember 2019, sekira Pukul 16.00 WIB, di Dusun Kebon Kalapa No.46, RT. 04, RW. 05, Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara," ucap Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana saat konferensi pers di Halaman Mapolres Sumedang, Senin (23/12).

Pada pengungkapan kasus tersebut, sambung Indra, pihak Satres Narkoba berkoordinasi dengan PT Pos Indonesia (Persero), setelah mendapatkan informasi terkait adanya pengiriman paket jenis ganja tersebut.

"Adanya informasi tersebut, anggota Satres Narkoba langsung ke PT Pos Indonesia (Persero) untuk berkoordinasi. Lalu tidak lama kemudian datang seseorang mengambil paket dan setelah paket diserahkan langsung si penerima paket tersebut, dan diikuti oleh angggota sampai akhirnya masuk kerumah yang berada didaerah Dusun. Kebon Kalapa No.46, RT. 04, RW. 05, Desa Rancamulya, Kecamatan Sumedang Utara. 

Langsung dilakukan penggerebegan dan setelah dilakukan penggerebegan diketahui yang mengambil paketan dari kantor di PT Pos Indonesia (Persero) Cab. Sumedang tersebut adalah Sdri.Desvita yang merupakan adik tersangka yang tidak tau menau isi dari paket tersebut," tuturnya.

Setelah paket tersebut diakui milik tersangka dan dipastikan bahwa paket tersebut adalah Ganja, lanjut Kapolres, kemudian tersangka berikut barang bukti dibawa ke Polres Sumedang untuk dilakukan penyidikan dan sempat  juga anggota melakukan pengembangan ke Rumah kontrakan tersangka yang berada Jln.Sukasirna No.128 Kota Bandung dan melakukan penggeledahan namun tidak diketemukan barang bukti lain.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan yaitu Satu paket ukuran besar yang diduga Narkotika jenis Ganja kering yang dibalut dengan jaket warna biru dongker dan di bungkus dengan kantung plastik warna pink kemudian dililit menggunakan lakban warna bening  dengan berat kotor 1.411 gram. Selain itu satu buah HP merk xiomi warna putih berikut simcard.

"Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Jenis Ganja, Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114 ayat (2) dan atau Pasal 111 ayat (2) dan UURI Nomor 35 tahun 2009, tentang Narkotika. Dengan ancaman hukuman dipidana mati, penjara seumur hidup, paling singkat 6 (enam) tahun, paling lama 20 (duapuluh) tahun dan denda paling banyak 100 (seratus) miliar rupiah ditambah 1/3," tandasnya. **