Jatigede, KORSUM.NET - Gelaran peserta Tari Umbul Kolosal yang rencananya akan melibatkan 5,555, diwarnai puluhan peserta yang mengalami pingsan dan kesurupan.

Hal tersebut diakibatkan cuaca yang panas, dan harus lamanya peserta menunggu acara tersebut dimulai.

Setidaknya ada 10 Ambulance yang disediakan oleh panitia, harus mondar mandir mengangkut puluhan peserta yang mengalami pingsan baik sebelum atau sesudah acara dimulai.

Susan (35), salah satu peserta tari umbul yang dari Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh mengatakan, dirinya mengalami lemas dan tidak sanggup lagi berdiri untuk mengikuti gelaran tari umbul kolosal.

"Saya tadi berangkat dari rumah sekitar Pukul 05: WIB, dan sampai disini langsung persiapan untuk dirias dan memakai pakaian, sehingga tidak sempat untuk sarapan," ucapnya saat dikonfirmasi KORSUM.NET, usai mendapatkan perawatan di Sekretariat Panitia, Selasa (31/12).

Selain itu, sambung susan, cuaca yang panas dan harus menunggu lama dinilai salah satu faktor yang menyebabkan dirinya dan penari lainnya yang jatuh pingsan.

"Gimana gak pingsan, tadi saya berdiri di bawah terik matahari cukup lama, ditambah waktu yang sedikit molor mengakibatkan saya jatuh dan tahu tahu sudah berada di tim medis," tandasnya.

Sementara pantauan KORSUM.NET dilapangan, selain mengalami pingsan, tampak beberapa peserta juga yang mengalami kesurupan. Sehingga harus mendapatkan penanganan tim medis yang sudah disediakan. **