Kota, KORSUM.NET - Ratusan kepala desa se-Kabupaten Sumedang berkumpul untuk mengikuti Diseminasi Penanggulangan Kemiskinan dalam rangka Pembinaan Aparatur Pemerintah Desa se-Kabupaten Sumedang, di Gedung Islamic Center, Rabu (4/12).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. H. Endah Kusyaman dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan diseminasi yaitu untuk meningkatkan pengetahuan teknis mengenai administrasi, manajemen, dan tata kelola pemerintahan desa.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan menajemen aparatur pemerintah," ujarnya.

Dikatakan, sasaran kegiatan adalah 540 orang yang terdiri dari 270 orang kepala desa dan 270 orang perangkat desa se-Kabupaten Sumedang.

"Adapun pelaksanannya dibagi dalam dua waktu. Hari ini untuk para Kepala Desa. Besok untuk perangkat desa," ungkapnya.

Ia menambahkan, output diseminasi adalah terselenggaranya kegiatan diseminasi penanggulangan kemiskinan bagi apatatur pemerintah se-Kabupaten Sumedang.

"Output kedua adalah meningkatnya pengetahuan aparatur pemerintah desa dalam hal manajemen dan tata kelola program pengentasan kemiskinan di desa," harapnya.

Adapu narasumber kegiatan terdiri dari Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, unsur Dinas Sosial P3A, unsur Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bidang Aset dan Keuangan Desa pada Dinas PMD Kabupaten Sumedang," pungkasnya.

Wabup H Erwan Setiawan  dalam sambutannya mengatakan, pemerintah desa merupakan unit terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat serta menjadi tonggak utama untuk keberhasilan semua program pembangunan daerah yang ditujukan untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup.

"Memperkuat desa merupakan suatu keharusan yang tidak dapat ditunda untuk mendorong mempercepat terwujudnya Good Governance yang berkorelasi tumbuhnya ekonomi lokal yang mensejahterakan masyarakat," paparnya.

Ia menjelaskan, tujuan pembangunan desa sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 adalah untuk mewujudkan desa menjadi maju, mandiri dan sejahtera.

"Saya ingin adanya sinergitas antara berbagai tingkatan pemerintah yang mengelola urusan perdesaan, baik pusat maupun daerah, dengan stakeholders di masyarakat. Tidak hanya untuk menghadapi permasalahan yang belum terselesaikan, namun juga untuk mengantisipasi perubahan yang muncul pada masa yang akan datang," ungkapnya.

Berkaitan dengan penentuan kegiatan yang dananya bersumber dari APBN maupun APBD, Wabup menjelaskan bahwa hal tersebut telah ditetapkan dalam APBDes setelah melalui mekanisme dan penetapan musyawarah desa bersama BPD dan para tokoh masyarakat.

"APBDes tersebut agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh pemerintah desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta diharapkan BPD bersama masyarakat dapat turut melakukan pengawasan pada pelaksanaannya," ungkapnya.

Ia menjelaskan, perkembangan serta dinamika pemerintah dan pembangunan ke depan mengisyaratkan semakin kompleksnya tantangan yang akan dihadapi.

"Saya berharap kepada seluruh stakeholders desa untuk kiranya dapat meningkatkan kiprahnya, sehingga lebih berperan secara sinergis. Dalam kegiatan diseminasi penanggulangan kemiskinan ini seluruh dapat meningkatkan sinergitas perencanaan pembangunan desa yang sejalan dengan arah pembangunan daerah khususnya dalam penanggulangan kemiskinan," tuturnya.

Melalui diseminasi tersebut, diharapkan para aparatur dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai penanggulangan kemiskinan serta dapat meningkatkan keselarasan pemahaman dan implmentasi penyelenggaraan pemerintah desa di Kabupaten Sumedang guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

"Semuanya dapat menyelenggarakan urusan dan wewenangnya secara efektif, efisien, dan akuntabel, meningkatkan potensi dan sumber daya yang dimiliki oleh desa dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat dan pelayanan publik" pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan Piala Penghargaan dimana pada tanggal 27 November 2019 DPC Apdesi Kabupaten Sumedang berhasil meraih Juara 3 Jambore Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019.

Piala di serahkan oleh Ketua Apdesi Kabupaten Sumedang Andre Yansyah Muhtar kepada Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan.