Buahdua, KORSUM.NET - Kaca jendela dan barang elektronik, milik Uwan Warga Dusun Burujul Desa Genereh Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang, hangus terbakar akibat petir yang menyambar rumahnya, Senin (16/12) sekira Pukul 18:00 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Ayi Rusmana melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik Yedi mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima bahwa kejadian kejadian tersambarnya rumah Uwan, terjadi pada Pukul 18.00 WIB, pada saat bersamaan hujan begitu deras.

"Pada waktu itu korban sedang berada didalam rumahnya, dan tanpa di duga petir menyambar rumah korban. Untung pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya kaki korban luka kena pecahan kaca. Dan akibat sambaran petir mengakibatkan kaca rumah pecah serta barang elektronik milik korban hangus terbakar," ucap Yedi saat dikonfirmasi KORSUM.NET melalui pesan Whatsappnya, Senin (16/12) malam.

Dengan adanya kejadian tersebut, sambung Yedi, masyarakat dan aparat Desa bersama kepala desa berbondong bondong membantu korban. Dan menghubungi petugas PLN untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan. "Untuk kerugian, ditaksir mencapai Rp.5 juta," ujarnya.

Memasuki musim penghujan ini, Yedi menghimbau agar masyarakat selalu waspada dan menghentikan aktivitasnya, jika terjadi curah hujan yang cukup besar yang kemungkinan besar akan menimbulkan petir.

Adapun beberapa tips untuk menghindari sambaran petir, yaitu diantaranya segera masuk kedalam ruangan atau mobil apabila sedang berada diluar ruangan dan terdengar guntur, Jika sedang di kolam renang, segeralah naik dan menjauh, karena air bisa menghantarkan arus listrik, Jangan berlindung dibawah pohon, jauhi tiang listrik, menara atau sesuatu yang tinggi, Jangan berada sawah, lapangan ataupun taman, karena petir akan mencari tanah untuk menghantarkan listriknya.

"Intinya kalau sedang hujan yang besar dan terdengar suara petir, segeralah menghentikan aktivitas dan mencari tempat berlindung yang aman," tandasnya **