Kota, KORSUM.NET - Ekky Ahmad Muzaki Ramdhani akhirnya terpilih sebagai ketua DPD KNPI Kabupaten Sumedang baru periode 2019 - 2022, setelah mengungguli dua kandidat lainnya yaitu Yansri Mulyani dan Kusmana, dengan perolehan suara yang cukup telak, pada Pemilihan Ketua DPD KNPI Sumedang pada agenda Musda ke-XIII DPD KNPI Sumedang yang berlangsung dua hari, di Islamic Center Sumedang, Rabu dan Kamis 11 - 12 Desember 2019.

Adapun perolehan suaranya, yaitu Ekky Ahmad Muzaki Ramdhani  sebanyak 61 suara, Yansri Mulyani  30 suara, Kusmana 20 suara. Dari total jumlah suara  yang ikut serta dalam Musda sebanyak 114 suara, dan 3 suara lainnya memilih abstein.

Ekky Ahmad Muzaki Ramdhani sendiri, merupakan perwakilan dari Organisasi Kepemudaan (OKP) Angkatan Muda Kabah (AMK) Kabupaten Sumedang.

Ketua Organize Comite (OC) Musda ke-XIII DPD KNPI Sumedang, Joko Kustejo mengatakan, agenda Musda yang dibuka oleh Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, berlangsung dengan lancar tanpa ada kendala, hingga tahap pemilihan ketua selesai.

Proses pemilihan Ketua KNPI sendiri, hanya berlangsung satu putaran, pasalnya hanya ada satu orang kandidat yang memperoleh suara sebesar 50 persen+1. Sehingga panitia Musda langsung menyatakannya sebagai pemenang.

“Sudah ketentuan, jika semua calon hanya memperoleh suara di bawah 50, maka akan dilaksanakan pemilihan putaran kedua. Tetapi, karena hal tidak terjadi, maka pemilihan hanya berlangsung satu putaran saja," Ucap Joko ketika dikonfirmasi KORSUM.NET, Kamis (12/12).

Sementara itu pada tahapan pemilihan Ketua KNPI ini, sambung Joko, sebetulnya ada 6 orang calon ketua yang sudah mendaftar. Namun 3 orang calon lainnya mengundurkan diri. Sehingga proses pemilihan hanya melibatkan 3 orang kandidat.

"Jadi hanya 3 orang saja yang bertarung. Dengan memperebutkan 114 jumlah suara. Seharusnya ada 120 orang yang mempunyai hak pilih. Tetapi 6 orang tersebut yang tidak hadir pada Musda tersebut,” terang Joko.

Mudah-mudahan dengan  terpilihnya ketua KNPI Sumedang yang baru ini, tambah Joko, bisa berkolaborasi dengan pemikiran dua kandidat calon lainnya.

"Ucapan terimakasih kepada seluruh Peserta, Calon ketua yang bertarung, Bupati dan Forkopimda. Selain itu juga para senior, alumni tokoh, pendiri KNPI serta mantan Ketua KNPI yang turut hadir.pada Musda ini," tandasnya

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPD KNPI Sumedang terpilih periode 2019-2022, Ekky Ahmad Muzaki Ramadhani, mengaku bangga dengan capainya hingga saat ini. Ekky mengaku dirinya sangat santai dalam menjalani setiap tahapan pemilihan dari awal hingga akhir.

"Saya berharap kedepan KNPI bisa lebih bermartabat lagi dan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dengan merangkul semua unsur kepemudaan baik kelompok maupun perorangan. Sehingga Pemuda bisa menjadi garda terdepan dalam kemajuan Sumedang," ucapnya.

Ekky juga berkomitmen, akan mengajak para pemuda bisa berperan aktif sebagai agen perubahan, terhadap masalah-masalah sosial dengan mengembangkan sikap peduli terhadap lingkungan, masyarakat dan pembangunan, termasuk mengembangkan kegiatan keagamaan.

"Saya ingin KNPI sebagai wadah berhimpun, bisa menjadi ujung tombak dalam pembangunan kepemudaan, untuk menciptakan pemuda yang maju, berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing. Langkah kongkritnya yaitu melalui pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan, kemandirian, dan jiwa enterpreneur bagi pemuda," tegas Ekky.

Ekky juga menambahkan, sesuai dengan visi misi dan strategi yang akan dilakukannya selama 3 tahun kedepan, yaitu 'terwujudnya pemuda produktif dan berdaya saing berbasis kearifan lokal'. **