Kota,  KORSUM.NET - Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan menyerahkan hadiah berupa biaya pendidikan gratis bagi para atlet peraih medali pada Porda XIII Jawa Barat Tahun 2018 yang masih sekolah atau kuliah pada Semester II Tahun 2019, di Aula KONI Kabupaten Sumedang, Senin (30/12).

Bantuan biaya pendidikan diberikan kepada  62 orang atlet dari 15 Cabang olahraga dengan total keseluruhan bantuan sebesar Rp 79.950.000.

Ketua KONI Kabupaten Sumedang Drs. Ali Badjri, MM mengatakan, sesuai dengan hasil Rapat Kerja Program KONI Kabupaten Sumedang bahwa perlu mengikat atlet dengan memberikan bantuan pendidikan bagi atlet yang masih sekolah mulai dari tingkat SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi.

"Dalam rangka mengikat para atlet supaya mereka tidak keluar dari Sumedang dalam menghadapi Porda Tahun 2022. Hari ini merupakan penyerahan yang ke-2 di tahun ini. Bagi yang tidak sekolah, tugas kami adalah membuat surat kepada Pak Bupati untuk bisa ditempatkan sebagai karyawan. "ucapnya

Ia menambahkan bahwa sebenarnya ketika berbicara olahraga berarti berbicara kepentingan semua.

“KONI adalah organisasi khusus menangani bidang  prestasi. Kurang lebih ada 37 cabang olahraga. Begitu mau ke tahapan Porda, Kejurnas, dan PON, semua itu tanggung jawab kami untuk  membina dan meningkatkan prestasinya.Tugas kami sekarang adalah mempertahankan para atlet yang berprestasi, karena sekarang sudah mulai banyak makelar-makelar sedang mencari atlet-atlet yang berprestasi untuk dibeli supaya pindah ke yang lain” ujarnya.

Ia mengungkapkan, harapan Pemerintah Daerah adalah menjadi rangking 10 besar pada Tahun 2022.

“Kita harus bisa mendapatkan minimal 27 mendali emas. Lebih dari itu saya kira luar biasa. Kita akan ikut sebanyak 13 cabang olahraga, sehingga mudah-mudahan tercapai 10 besar,” katanya

Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan dalam sambutannya mengapresiasi para atlet yang telah berprestasi.

“Selamat kepada saudara-saudara yang telah meraih prestasi pada Porda Jawa Barat yang lalu. Semoga keberhasilan saudara-saudara akan lebih memacu dan memicu motivasi bagi rekan-rekan yang belum berhasil memperoleh prestasi yang diharapkan,” ungkapnya.

Wabup menambahkan, tentunya harus diyakini bahwa keberhasilan tersebut juga merupakan hasil jerih payah dari berbagai pihak, termasuk para pelatih dan pembina yang senantiasa  mencurahkan perhatiannya secara maksimal.

"Saya juga sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, khususnya kepada para pelatih dan pembina, serta semua pihak yang telah turut memberikan sumbangsihnya pada kemajuan olahraga di Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Wabup memahami bahwa untuk menempati posisi terbaik, baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional bukan merupakan hal yang mudah karena begitu banyak saingan dari daerah lain yang mempunyai tekad yang sama untuk mengukir prestasi terbaiknya.

“Kita patut bersyukur dan berbangga, karena kontingen kita telah berhasil menunjukan prestasi terbaiknya. Akan tetapi saya juga ingatkan agar saudara-saudara tidak cukup puas dengan raihan medali tersebut. Namun hendaknya dapat lebih meningkatkan prestasi serta menargetkan posisi yang lebih baik lagi, bahkan yang terbaik, sehingga nama Kabupaten Sumedang akan lebih harum di mata daerah-daerah lain,” tuturnya.

Wabup juga berpesan agar para atlet bisa menjaga tubuh supaya bugar agar dapat berprestasi lagi.

“Jangan memikirkan yang lain. Biar saya dan Pa Ketua KONI memikirkan bagaimana sarana dan prasarana dan kesejahteraan atlet.Tugas para pelatih juga biar lebih membina agar para atlet tetap bugar siap dalam pertandingan dan terus berkoordinasi dengan pengurus cabang olahraga dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang," pesannya**