Kota, KORSUM - Sedikitnya, 118 Bakal Calon (Balon) Kades dari 17 desa mengikuti tes seleksi calon kades yang merupakan salah satu tahapan Pilkades yang akan digelar serentak 8 April 2020 mendatang.

Tes tersebut dilaksanakan di Universitas Sebelas April (Unsap) hari ini, Kamis (9/1) dengan menurunkan 16 dosen penguji.

Bahkan, diacara itu tidak hanya para Balon Kades,  namun panitia Pilkades dan BPD dari masing-masing desa ikut hadir di Unsap mengikuti jalannya tes tersebut.

Menurut kepala BPMD E. Kusyaman saat hadir diacara itu menyebut biaya tes seleksi ini ditanggung Pemda melalui Panitia Pilkades masing sekitar Rp 6 juta perdesa.

Sebelumnya kata dia, seleksi Balon ini sudah ditawarkan ke beberapa perguruan tinggi diantaranya Unpad dan IPDN.

Namun yang bersedia hanya Unsap dalam penyelenggaraan seleksi calon kades ini.

Sementara menurut pantia seleksi Dadan Setia Nugraha, seleksi calon kades ini terbagi 2 seleksi yakni tes pilihan ganda (PG) dan seleksi wawancara.

Hasil seleksi ini kata dia, akan langsung diumumkan hari ini berdasarkan ranking selanjutnya terserah pantia Pilkades masing-masing desa.

Dadan juga memastikan selesai seleksi pada jam 10 malam, dan semua peserta tes sudah mengantongi hasil seleksi masing-masing.**