Sumsel, KORSUM.NET - Kembali terjadi di Kabupaten Sumedang di Desa Mekar Rahayu Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang tepatnya di Dusun Babakan Cikamuning di dua Rt, antara lain Rt.2 Rt.3 Rw.04 terjadi Pergerakan tanah pada Minggu 26/1/2020 dan sebanyak 18 KK, di dusun Babakan Cikamuning.

"Kami sangat menghawatirkan, rumah pada retak temboknya, halaman demikian retak dan kolam serţa sebagian sawah warga pun rusak parah,"ungkap Kades Mekar Rahayu Nana Mulyana saat dikonfirmasi Media ini, Jumat 31/1/2020.

Lebih jauh Nana menjelaskan, 18 KK tersebut akan segera di ungsikan ke tanah yang lebih aman,"Warga kena dampak akan segera di ungsikan agar menjaga hal yang tidak diinginkan, dan pihak desa akan melakukan kerja bàkti menutup retakan tanah,"tandasnya.

Sementara, Kasie Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Sumedang Yedi menegaskan, bahwa pihaknya telah terjun ke lapangan bersama unsur kecamatan, Polsek, dan Koramil.

"Melihat kondisi di lapangan sangat menghawatirkan akibat dari pergerakan tanah yang labil sehingga merugikan warga sebanyak 18 KK, adapaun kerugiannya rumah retak, sawah dàn kolam serta kerugian imateril,"jelasnya saat dikonfirmasi.

Ia melanjutkan, pihak BPBD Kabupaten Sumedang telah memberikan bantuan logistik untuk para korban sebanyak 18 KK yang terancam longsor.