Kota, KORSUM - Tes seleksi Balon kades yang diselenggarakan Pemkab bekerjasama dengan Unsap, berharap dapat melahirkan para calon kades berkualitas. Sebab jika terpilih nanti kades ini akan menjadi seorang figur pemimpin sesuai harapan masyarakat.

Hal itu diutarakan Ketua Apdesi Sumedang, Andre Muchtar, saat menghadiri tes seleksi Balon Kades di Unsap, Kamis kemarin (9/1). Jaman sekarang ini, lanjut dia, minat menjadi kades ini sangat antusias bahkan menjadi sebuah trendi bila menjadi kades.

"Artinya, menjadi seorang kades itu sangat menarik karena bukan hanya pendapatannya yang terbilang wow, namun jika menjadi bapak kades akan otomatis harkat dan derajatnya terangkat karena dihormati bahkan disegani," tuturnya.

Sehingga kedepan, lanjutnya, seleksi Balon kades ini tidak hanya bagi desa yang balonnya lebih dari 5 orang. Namun meskipun kurang dari 5, tes seleksi kelayakan, kemampuan bagi calon kades itu harus dilakukan sehingga akan melahirkan figur pemimpin berkualitas.

"Jaman sekarang desa sudah memasuki era teknologi informasi serba digital sehingga menjadi tuntutan bagi kemampuan seorang kades untuk bisa menangkap bergesernya teknologi tersebut untuk menuju program Desa Digital," tandasnya.

Disamping itu, anggaran pusat cukup besar langsung turun ke desa, maka diperlukan SDM kades yang handal dalam mengelola sistem keuangan desa. Maka realisasinya akan tepat waktu, tepat sasaran sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Apdesi tidak berharap bahwa ingin jadi kades  karena melihat ada sesuatu didalamnya diantaranya penghasilan cukup besar. Tapi ada yang lebih penting yaitu komitmen ingin membangun desa dan masyarakat," ujarnya.**