Kota, KORSUM.NET -Sejalan dengan roadmap (peta jalan) pengelolaan zakat menuju era kebangkitan zakat nasional, maka BAZNAS Kabupaten Sumedang telah berupaya mewujudkan berbagai Program Penghimpunan, Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat yang tepat guna dan sasaran. Sehingga mampu memberikan dampak terhadap meningkatnya kesejahteraan umat. Hal itu disampaikan Ketua Baznas Sumedang H.Ali Badjri Selasa (21/1/2020) di Aula Islamik Center Sumedang.

Dikatakan, untuk mencapai hal tersebut, segenap pihak yang terkait di bidang pengelolaan zakat dituntut untuk mampu mewujudkan sinergitas dan kerjasama yang solid dan terkonsolidasi agar pelaksanaan berbagai program kerja dapat berjalan searah, saling mendukung dan berkesinambungan.

" Untuk mewujudkan sinergitas dan konsolidasi dari lembaga zakat tentunya tidak akan berjalan baik tanpa adanya bantuan dan dukungan pemerintah." Jelasnya.

Lebih juah ia mengatakan, “Agar pelaksanaan berbagai program kerja dapat berjalan searah, saling mendukung dan berkesinambungan. Terwujudnya sinergitas dan konsolidasi dari lembaga zakat tentunya tidak akan berjalan baik tanpa adanya bantuan dan dukungan pemerintah." paparnya.

Ditambahkan H. Ali Badjri, Kali ini Baznas menyalurkan dana ZIS yang terbagi pada 3 program (Sumedang Makmur, Cerdas, Sehat, Taqwa, dan Peduli).

"Besaranya yakni Rp. 1 Milyar lebih untuk Bantuan Penyediaan Makanan Lokal Balita Stunting Gakin Rp. 45 Juta, penyerahan bantuan modal usaha produktif Rp. 69 juta, bantuan Revitalisasi Rumah Tidak Layak Huni Rp. 600 Juta, bantuan pengadaan sapras keagamaan, Rehab Masjid atau Pontren, Dakwah, MCK Rp. 250 Juta, Bantuan Biaya Pendidikan Rp. 27 juta, Bantuan Bagi Kaum Disabilitas Rp. 16 juta, jadi totalnya lebih dari 1 Miliar," pungkasnya**