Pamulihan, KORSUM - Tidak bisa dipungkiri lagi , sektor pariwisata menjadi salah satu penyumbang untuk pendapatan daerah Kabupaten Sumedang. Hal ini membuat pemerintahan Bupati H. Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati H.  Erwan Setiawan gencar mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di daerah yang dikenal kota tahu ini.

Banyak potensi wisata yang digali oleh pemerintahan daerah. Mulai dari wisata alam, budaya, religi hingga wisata sejarah. Salah satu potensi wisata sejarah yang ada di Kabupaten Sumedang yakni Cadas Pangeran yang berada di Desa Cijeruk Kecamatan Pamulihan.

Kades Cijeruk Bastaman menilai, Cadas Pangeran sarat dengan nilai sejarah. Sehingga Pemkab Sumedang seharusnya melirik potensi ini sebab dipastikan akan diminati wisatawan dari luar daerah.

Karena banyak hal yang akan didapat ketika mengunjungi destinasi wisata ini. Salah satunya, bisa memberikan edukasi atau pendidikan bagi para pengunjungnya, sehingga mengetahui sejarah perjuangan pahlawan bangsa.

"kita bisa memberikan edukasi atau pendidikan tentang sejarah Cadas pangeran yang tak lepas dengan sejarah pangeran Kornel yang menantang Gubernur Daendels bertarung satu lawan satu demi membela masyarakat yang dipaksa kerja rodi pada waktu itu," jelasnya.

Dikatakan lebih lanjut,
Ia optimis bahwa Cadas Pangeran punya magnet daya pikat yang tinggi untuk wisatawan"  Saya optimis jika Pemkab serius menggarap potensi ini wisatawan akan banyak yang berkunjung ke Cadas pangeran," Tuturnya**