Sumedang, KORSUM.NET -  Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Sumedang telah lakukan pertemuan dan konsolidasi dalam rangka rapat kerja tahun 2020, dengan agenda membahas program kerja untuk  tahun 2020 dan restrukturisasi Kepengurusan, bertempat di area Wisata Kampung Karuhun Jalan Pagar Betis, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang Jawa Barat (Jabar) pada (2/1/2020) kemarin.

Ketua IWO Sumedang, Maman Koswara yang akrab disapa Mako menyatakan, dalam rapat kerja tersebut berhasil menyusun kepengurusan pada bidang yang vakum di tahun 2019 dan mengisi kekosongan pada bidang yang belum terisi.

"Dan yang lebih penting, juga telah membahas program kerja yang disepakati bersama. Kami berharap, IWO Kabupaten Sumedang dapat menjadi wadah yang mampu menaungi seluruh insan pers demi kemajuan dan kesejahteraan bersama," ujarnya saat ditemui wartawan di Sumedang, Jum'at (3/1/2020).

Maman menyatakan, secara intens IWO Sumedang akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar keberadaannya lebih bermakna bagi semua elemen masyarakat dengan menyajikan berita yang faktual dan berimbang.

"Mengingat IWO merupakan organisasi profesi jurnalis yang anggotanya harus berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999. Sehingga, IWO Sumedang akan berperan dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) anggotanya melalui kegiatan, pembekalan teknis produk jurnalis online, serta perlindungan hukum dan kesejahteraan," jelasnya.

Dikatakan, Adapun Kepengurusan IWO Sumedang yang telah disepakati bersama itu diantaranya, Dewan Kehormatan yaitu Dr. Asep D Darmawan, Isep Rahmayadi, SH.,MM.,MKn dan H. Nana Mulyana, S.E., M.M. Untuk Dewan Etik diduduki oleh, Dodoy, Sri Diyanto dan Zenni.

"Posisi Ketua masih saya,
Sekretaris oleh Rauf Nuryama (Rama) dan Bendahara Dadi Supriyadi. Sedangkan untuk posisi divisi SDM oleh Acep, divisi Organisasi, Kaderisasi dan keanggotaan di jabat oleh Abas, divisi Kesejahteraan anggota dan Usaha oleh Fatul Arif, divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) oleh Kiki Andriana, Bidang Hukum saudara Alan Dahlan seementara itu, Bidang kehumasan IWO Sumedang di jabat oleh saudara Sobar Bahtiar," paparnya.

Lebih dari itu, sambung Mako, dirinya berharap kepengurusan baru dapat bekerja sama dengan divisi lain dalam berkiprah guna membesarkan organisasi profesi IWO.

"Kami berharap semuanya tetap solid, kompak dan menjaga nama baik IWO Sumedang khususnya," pungkas Mako.