Kota, KORSUM - Dua pasangan suami istri (Pasutri) di Dua Desa di wilayah Kabupaten Sumedang, dipastikan bakal meramaikan ajang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelomang III yang akan dilaksanakan pada 8 April 2020.

Adapun Informasi yang diterima Korsum.net dilapangan, kedua Pasutri yang bakal bertarung dan menjadi pesaing bagi pasangannya yaitu, Ny. Iis Warsih dan Tatang Tarseno di Desa Tanjungmulya Kecamatan Tanjungkerta. Serta pasangan Suharja dan Ny. Tayum dari Desa Ciuyah Kecamatan Cisarua.

Dimana Tatang dan Suharja merupakan calon kepala incumbent  yang informasinya masih dikehendaki menjadi kades oleh Masyarakatnya. Sehingga tidak ada satu pun warga lain yang ingin menjadi rival dari kedua incumbent tersebut.

Dikonfirmasi akan hal tersebut, Penjabat Kades Tanjungmulya Kecamatan Tanjungkerta, Wawan Kartaman membenarkan, kalau calon kades yang akan bertarung pada Pilkades Serentak di desanya juga merupakan Pasutri.

"Iya betul, disini calonnya merupakan pasutri, dimana hasil penetapan Panitia Pilkades, Ibu Iis Warsih sebagai calon nomor urut satu, sedangkan suaminya Pa Tatang Tarseno mendapatkan nomor urut dua," ucap Wawan saat dikonfirmasi, Kamis (16/1).

Wawan menambahkan, majunya pasangan Pasutri tersebut, karena tidak ada warga lain yang ingin mau mencalonkan diri sebagai kades.

"Pa Tatang ini, merupakan mantan kades pada periode sebelumnya. Dan ketika beliau maju kembali pada Pilkades saat ini, tidak ada warga lain yang mau maju mencalonkan diri. Sehingga, istri Pa Tatang yang maju sebagai pesaingnya," tandasnya.

Hal senada dikatakan oleh Sekretaris Desa Ciuyah, Jajang Haerudin, kalau calon kades di desanya juga merupakan Pasutri.

Menurutnya, sejak dibukanya pendaftaran bakal calon kades,  tidak ada satupun warga di Desa Ciuyah yang mencalonkan diri untuk melawan Suharja selaku calon incumbent.

Akan tetapi, karena berdasarkan ketentuan calon kades itu minimal harus dua, maka calon yang nota bene adalah incumbent tersebut, mengajak sang istri yakni Ny. Tayum, untuk bersama-sama maju sebagai calon kades.

"Ketika Pa Suharja menyatakan diri akan kembali maju kembali pada Pilkades saat ini, tidak ada satu warga pun yang mau ikut mencalonkan. Sehingga agar Pilkades ini bisa tetap berjalan, maka si ibu akhirnya ikut maju mencalonkan diri. Dan keduanya akan bertanding untuk berebut suara dari 2.195 hak pilih yang ada di wilayah Desa Ciuyah," tandasnya.

Seperti diketahui bahwa ada 88 Desa di Kabupaten Sumedang, yang pada tanggal 8 April 2020 mendatang, akan melaksanakan Pilkades secara serentak. Dan pada Pilkades Serentak Gelombang III ini, terdapat dua desa dimana calon kadesnya merupakan Pasutri. **