Kota, KORSUM.NET - Empat Desa di Kabupaten Sumedang, resmi mendapatkan bantuan kendaraan  multifungsi yaitu Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Adapun keempat Desa yang mendapatkan bantuan Maskara tersebut, yaitu Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan, Legok Kidul Kecamatan Paseh, Desa Pamekaran Kecamatan Rancakalong dan Citimun Desa Cimalaka.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman mengatakan, dengan adanya mobil Maskara ini, yaitu untuk selain menampung aspirasi juga untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Fasilitas di mobil Maskara ini cukup lengkap, sehingga bisa digunakan untuk berbagai sosialisasi beberapa program Desa, seperti pelayanan KB dan juga program Desa lainnya," ucap Endah saat dikonfirmasi KORSUM.NET, di Jatigede, Selasa (31/12).

Untuk cara kerjanya sendiri, sambung Endah, itu disesuaikan dengan situasi dan kondisi di desa tersebut. Dan yang pasti nantinya akan dijadwalkan sesuai dengan program yang akan dilaksanakan.

"Jadi nanti, misalkan ada program sosialisasi program KB ataupun program lainnya, mobil Maskara ini bisa langsung dipergunakan oleh Desa," ujarnya.

Endah berharap, dengan adanya mobil Maskara ini, dapat menampung semua aspirasi dari seluruh kalangan masyarakat dan dapat menyentuh ke wilayah Desa yang jaraknya cukup jauh dari desa.

"Dengan mobil Maskara ini juga diharapkan, semua program ataupun sosialisasi dapat langsung tersampaikan ke masyarakat. Untuk tahun ini di Sumedang baru empat desa yang mendapatkan. Mudah mudahan kedepannya akan terus bertambah lagi, sehingga lebih memudahkan kinerja, khususnya pelayanan ke Masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, salah satu Desa penerima bantuan Mobil Maskara, mengaku sangat bangga dan akan mempergunakan mobil Maskara ini sesuai dengan fungsinya.

"Alhamdulillah, Desa Citimun dipercaya untuk mendapatkan Mobil Maskara ini. Kedepannya, sesuai dengan arahan pa Gubernur Jawa Barat, saya akan menggunakan sebaik mungkin, dan pelayanan ke Masyarakat juga akan terus ditingkatkan. Dengan adanya mobil Maskara ini, saya pastikan pelayanan Desa Citimun akan terjun langsung hingga ke tingkat RW dan melayani seluruh lapisan masyarakat Citimun," ucap Dadang, Kepala Desa Citimun Kecamatan Cimalaka. **