Kota, KORSUM.NET - Layànan internet tiap SKPD di Kabupaten Sumedang budget yang dikeluarkan pertahunnya dari anggaran belanja APBD mencapai 6 milyar lebih, Dinas Komunikasi dan Informatika Persandian dan statistik (Diskominfosanditik) melakukan penghematan hingga 3,6 milyar pertahun setelah terpusat layanan internet tersebut.

"Melihat penggunaan di tiap SKPD, Kecamatan dan kelurahan penggunaan internet di hitung pertahunnya mencapai 6 milyar lebih. Berangkat dari hal tersebut Dinas Kominfosanditik Kabupaten Sumedang telah memasang saver di tiap SKPD pada bulan Desember 2019 kemarin, dan mulai dijalankan pada bulan Januari 2020 penggunaan internet terpusat di dinas kami," jelas Kepala Dinas Kominfosanditik Kabupaten Sumedang Iwa Kuswaeri saat dikonfirmasi, Jumat 31/1/2020 melalui telepon genggam.

Ia menjelaskan, setelah penggunaan internet terpusat di Dinas Kominfosanditik Kabupaten Sumedang, tiap SKPD masing masing tidak bisa lagi menggunakan layanan internet seperti youtube, Instagram dan Facebook.

"Penggunaan  internet benar benar di gunakan untuk kepentingan dinas, selain dari itu kami sudah membloknya. Selain itu, kami juga tadi siang sudah menerima CSR dari Telkomsel berupa smartphone sebanyak 300 buah untuk dibagikan ke tiap tiap pos yandu,"ujarnya.

Dikatakan Iwa, untuk internet layanan umum sudah terpasang di 77 titik di Kabupaten Sumedang dan tahun ini akan ada penambahan lagi layanan internet gratis untuk umum sebanyak 50 titik.**