Kota, KORSUM.NET - Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sumedang Warson menilai pegawai PDAM Tirta Medal Sudah over load maka diperlukan langkah rasionalisasi dengan mengurangi jumlah pegawai.

"Hasil dari penelitian itu,  over load (kelebihan) karyawan menjadi pangkal pokok permasalahan.  Idealnya berapa sih? Kan itu harus sesuai dengan kebutuhan. Keadaan saat ini, lebih besar pasak dari pada tiang ," kata Warson Senin (6/1/2020).

Dikatakan, dengan kelebihan karyawan itu, PDAM harus melakukan rasionalisasi karyawan.   "Karyawan tetap dan honorer saat ini sekitar 500 an lebih.

Idealnya satu orang karyawan harus melayani 100 pelanggan atau dalam istilah PDAM disebut Sambungan Langsung (SL). Dengan jumlah pelanggan yang ada saat ini, seharusnya karyawan PDAM sekitar 250 orang," katanya.

"Sementara terkait masalah salah rasionalisasi, pihaknya juga memiliki tanggung jawab besar, terhadap nasib para karyawan.  Tidak asal main pecat begitu saja, tapi bagai mana caranya mereka harus dikaryakan," ujarnya.

Artinya lanjut Warson, bahwa karyawan memiliki potensi dan kapasitas untuk dikaryakan.  "Nanti juga akan ada uji kompetensi. Bahkan saya menyarankan, yang menilainya tim independen saja, jangan orang dalam," ungkapnya.**