Sumut, KORSUM.NET - Lima Calon Kades Desa Mulyasari Kecamatan Sumedang Utara yaitu H. Didin Saepudin, Caim Nulhikmat, Jujun Junaya, Iis Julaeha dan Hapid Rosbandi mengucapkan iklar siap menang siap kalah yang dituangkan dalam Deklarasi Damai, digelar di aula Desa Mulyasari, Senin (27/1).

Acara Deklarasi disaksikan Kades, BPD, LMP,  Babikantibmas, tokoh masyarakat, Rt/Rw bahkan para tim sukses. Usai ucapkan iklar, kelima calon kades menandatangani berita acara deklarasi tersebut.

Menurut Ketua Pilkades Ust Yusuf KHoerudin usai acara menyebut, Deklarasi Damai bertujuan bahwa setiap calon kades tetap taat dan patuh pada pelaturan tahapan Pilkades yang tentukan pemerintah.

"Kami harap dalam massa kampanye penuh kedamaian dan keharmonisan. Tidak saling mengejek atau menjelekan calon kades lain dengan maksud ingin menarik simpati pemilih dengan cara menjelekan calon kades lain," tuturnya.

Sehingga timbulkan suasana kampanye tidak sehat, tidak sportif karena adanya saling buka aib diantara Calon kades. Pertarungan Pilkades tidak harus ditempuh dengan cara tidak sehat, tapi dituntut sportifitas, kondusifitas dari setiap individu calon kades.

"Dengan Deklarasi Damai ini untuk menjaga kebersamaan, kedamaian dan kenyamanan. Tidak diharapkan munculnya ekses-ekses yang sipatnya  mengancam gagalnya proses Pilkades ini, " katanya.

Sebab pada umumnya, masyarakat berharap besar di Pilkades ini menghasilkan kepala desa yang berkualitas, jujur dan amanah sehingga dapat membawa masyarakat Desa Mulyasari kearah lebih baik.

Dalam acara ini juga lanjut dia, langsung membentukan 2 KPPS yaitu KPPS 1 dan 2 yang beranggotakan 14 orang anggota. Bahkan sekaligus pelantikannya para anggota KPPS tersebut.

"Insya Allah, kami Panitia Pilkades akan berikan seragam ke semua anggota KPPS, anggota panitia Pilkades termasuk BPD. Sebab dengan seragam itu, masyarakat akan tahu bahwa mereka pengurus dan Panitia Pilkades," ujarnya.**