Rancakalong, KORSUM.NET - Untuk meningkatkan pemanfaatan terhadap pekarangan rumah, Pemerintah Kecamatan Rancakalong mulai memberikan bantuan bibit hortikultura kepada masyarakat yang kurang mampu.

Adapun kegiatan tersebut dilakukan untuk memanfaatkan lahan pekarangan, agar memberikan efek yang sangat positif bagi kemajuan masyarakat. Dengan menggunakan anggaran yang merupakan hasil dari patungan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja dilingkungan di Kecamatan Rancakalong dan juga dari Masyarakat.

Camat Rancakalong, Ili S.sos mengatakan, saat ini pihaknya terus menggalang dana dari patungan para ASN dan Masyarakat, untuk pembelian  Polibeg dan bibit tanaman, yang nantinya akan diberikan ke Kelompok Masyarakat (Pokmas)  penggiat tanaman pekarangan. Upaya ini dilakukan untuk memanfaatkan lahan pekarangan, agar memberikan efek yang sangat positif bagi kemajuan masyarakat.

"Penyaluran bantuan bibit ini dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan anggarannya dan pada bulan ini kita berikan di Desa Sukamaju dan Pangadegan," ucapnya pada Korsum.net, Selasa (22/1).

Selain itu, sambung Ili, dalam pemanfaatan pekarangan ini, pihaknya juga bekerjasama dengan UPT (Unit pelayanan teknis) Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang, yang turut memberikan bantuan satu KK (Kepala keluarga) satu bibit.

"Pembibitan bekerjasama dengan Pokmas yang sudah berjalan. Nantinya hasil pembibitan tersebut  sebagian disumbangkan ka KK kurang mampu. Untuk jenis bibitnya yaitu Cabe, bawang, terong dan sebagainya. Sementara Bantuan UPT, bibit hortikultura yaitu, satu KK satu bibit pepaya California dan Bibit pepaya yang sudah diberikan di dua desa 100 bibit, dimana satu kelompok mendapatkan 50 buah. Kedepan targetnya setiap desa memiliki kebun bibit desa sendiri," ujarnya.

Selain untuk memanfaatkan pekarangan rumah, tambah Ili, upaya tersebut juga dilakukan agar kedepannya, setiap rumah tangga agar bisa mengoptimalisasi sumber daya yang dimiliki, termasuk pekarangan dalam menyediakan pangan bagi keluarga.

"Saat ini baru berjalan di Dua Desa, kedepannya kita targetkan semua Desa di Kecamatan Rancakalong mendapatkan bantuan bibit ini. Dan ini juga merupakan salah satu program di Kecamatan Rancakalong yaitu 'Rancakalong Berbagai'," tandasnya. **