Kota, KORSUM - Pemda Sumedang dibawah komando Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir melibatkan semua SKPD-nya dalam kegiatan penanaman kembali atau reboisasi terhadap lahan hutan bekas kebakaran di Gunung Palasari Sumedang Selatan, Jum'at kemarin (17/1).

Reboisasi melibatkan semua SKPD ini kata bupati, acara ini tidak hanya kegiatan reboisasi saja, namun di tempat ini juga akan diisi dengan berbagai acara yaitu dialog kinerja SKPD serta pembagian rapot SKPD.

Penanaman bibit pohon di hutan bekas kebakaran ini lanjutnya, merupakan lahan Tahura (Taman Hutan Rakyat) sehingga sudah menjadi kewajiban Pemda untuk menanamnya agar menjadi hijau kembali.

"Kegiatan penanaman bibit pohon ini, semua Kepala SKPD dilibatkan sehingga akan mengingatkan sesuatu yang berharga untuk anak cucu kita. Bahkan sekitar lahan bekas kebakaran ini akan dibangun Paping blok," ujarnya.

Bupati menyebut, sekitar 200 bibit pohon yang akan ditanam dengan berbagai jenis tanaman keras yang nantinya pohon tersebut bisa mencegah longsor. Sehingga diharapkan Gunung Palasari tahan akan tanah longsor.

"Reboisasi dengan total lahan sekitar 10 hektar dari 36 hektar yang ada di lahan Tahura merupakan lahan milik Pemda yaitu Gunung Palasari dan Gunung Kunci. Sementara lahan lainnya sekitar 26 hektar masih hijau," tandasnya.

Pemda pun lanjutnya, akan terus lakukan monitoring terhadap lahan yang sudah direboisasi disamping penyadaran terhadap masyarakat sekitar agar tidak melakukan kegiatan yang dapat terjadinya kebakaran.

"Pemda akan menggandeng masyarakat hutan untuk bergerak dipariwisata agar terus pelihara dan menjaga kelestarian Gunung Palasari sehingga kedepan musim kemarau ada sinergi antara pemerintah dengan masyarakat untuk menghindari perusakan terhadap hutan ini," tuturnya.**