Kota, KORSUM - Capaian target pajak Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang mencapai Rp 273 miliar untuk tahun 2020 yang sebelumnya di tahun 2019 kemarin target pajaknya 230 miliar. Kenaikan target pajak tersebut cukup signifikan, sumber pajak dari  barbagai objek pajak yang terus digali oleh Bappenda Kabupaten Sumedang.

“Terkait dengan pungutan pajak untuk di tahun 2020 ini, Bappenda Kabupaten Sumedang ada kenaikan target pajak yang cukup signifikan. Dari target pajak tahun kemarin sebesar Rp 230 miliar, di tahun 2020 ini target pajak naik hingga Rp 273 miliar,” ungkapnya, saat dikonfirmasi Kepala Bappenda Kabupaten Sumedang H.Ramdan Ruhendi Dedy, Jumat (17/1/2020) di ruang media center.

Dikatakan H.Ramdan, bahwa untuk kanaikan target pajak sebesar Rp 40 miliar lebih itu, pihaknya optimis akan tercapai, karena melihat masih banyak potensi untuk pendapatan di kabupaten Sumedang ini.

“Untuk target pajak tahun 2019 kemarin itu sudah selesai di setorkan, ada pajak yang melebihi target capaian dan ada yang kurang maksimal. Untuk yang kurang maksimal itu, kendalanya wajib pajak menangguhkan pembayarannya dan kondisi keuangan wajib pajak yang tidak stabil,” jelasnya.

Ia melanjutkan, target pajak tersebut untuk pencapaiannya masih bersumber dari PBB dan BPHTB, pajak reklame, pajak hotel dan restoran, retribusi parkir dan pajak pajak yang lainya. Untuk wajib pajak sekarang ini sudah dipasang alat rekam di setiap rumah makan dan tempat obejk pajak, sehingga laporan perhari yang makan atau belanja bisa langsung terakses oleh Bappenda Kabupaten Sumedang.